Program Pendidikan Dokter Spesialis

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 17 Mei 2014 , oleh zen , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita

LOKAKARYA DAN PELATIHAN “SISTEM PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS”

Pengelolaan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) merupakan salah satu bentuk pendidikan yang sangat kompleks karena melibatkan 3 pilar utama yaitu Kolegium, Institusi Pendidikan dan Rumah Sakit Pendidikan. Dengan keterlibatan 3 pilar tersebut maka diperlukan suatu pedoman pendidikan yang baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Untuk mewujudakan suatu peraturan tentang pengelolaan pendidikan dokter spesialis tersebut, diperlukan kegiatan Lokakarya dan Pelatihan tentang “Sistem Pengelolaan Program Pendidikan Dokter Spesialis” dimana tujuan dari lokakarya dan pelatihan adalah :

Memberikan pemahaman tentang peraturan perundang-undangan terkait dengan Manajemen Pendidikan Dokter Spesialis dan Kebijakan Keuangan.

Mengintegrasikan semua peraturan perundang-undangan yang terkait Penyelenggaraan Pendidikan Kedokteran dari Undang Undang sampai Peraturan pelaksana setingkat Keputusan Menteri dalam Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Dokter Spesialis

Untuk kegiatan lokakarya dan pelatihan sediri akan dilaksanakan pada tanggal 20-22 Mei 2014 di Ruang Auditorium GPP lantai 6 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Proses persiapan lokakarya sendiri telah dilakukan jauh-jauh hari dengan melibatkan 3 Tim Perumus yang terdiri dari Tim Perumus FKUB, Tim Perumus Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis dan Tim Perumus dari RS Pendidikan Utama yaitu RSUD Dr. Saiful Anwar. Proses perumusan tersebut merupakan kegiatan Pra Lokakarya yang diselenggarakan di 3 tempat Berbeda, yaitu :

Tim Perumus RSUD Dr. Saiful Anwar yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Sekretariat Pendidikan Profesi TKPPPDS pada tanggal 13, 14 dan 16 Mei 2014.

Tim Perumus Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis di Ruang Senat GPP. FKUB lantai 6 pada tanggal 13 dan 14 Mei 2014.

Tim Perumus FKUB Ruang Borang GPP. FKUB lantai 6 pada tanggal 13 dan 14 Mei 2014.

Kegaiatan Pra Lokakarya sendiri di buka oleh Dekan FKUB dengan menggunakan fasilitas media Video Conference agar dapat berinteraksi dengan ketiga kelompok tim perumus tersebut meskipun berbeda tempat.