Kardiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 17 Juli 2017 , oleh admin ppds cardio , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita, Pengumuman


Latar Belakang

Penyakit arteri perifer atau Peripheral Artery Disease (PAD) merupakan kumpulan kelainan yang ditandai oleh penyempitan (stenosis) atau penyumbatan (oklusi) arteri yang dapat menyebabkan penurunan perfusi jaringan bisa terjadi pada ekstremitas, arteri ginjal, mauupun mesenterika. Presentasi klinis PAD pada ekstremitas bawah bervariasi mulai asimptomatik sampai kondisi iskemia tungkai akut. Insiden PAD khususnya iskemia tungkai akut terus meningkat mencapai 1.5 kasus per 10.000 orang pertahun, sedangkan angka amputasi di RS berkisar 10-40%. Penyakit arteri perifer lainnya yang perlu mendapat perhatian juga adalah penyakit arteri renalis meliputi stenosis arteri renalis dan PAD pada ekstremitas atas, meskipun prevalensi pada penyakit ini tidak sebanyak pada penyakit arteri perifer ekstremitas bawah.

Kurangnya ketajaman dalam mengenali dan mendiagnosis penyakit ini membuat penyakit ini sering tidak tertatalaksana dengan baik. Dibutuhkan kerjasama yang baik antar bidang ilmu dalam mengelola pasien dengan penyakit arteri perifer ini. Ada banyak modalitas penting dalam mendiagnosis penyakit arteri perifer ini antara lain DUS Vaskular, angiography, CT angiography, dan Magnetic Resonance Angiography. Dibutuhkan kerjasama yang baik  radiologi dan kardiologi dalam bentuk kesamaan bahasa dalam mengintrepertasi CT scan angiography sehingga dapat bermanfaat untuk penatalaksanaan pasien selanjutnya. Hasil diagnosis pasien dengan penyakit arteri perifer diperlukan berbagai manajemen baik medikamentosa, konservatif, endovascular intervensi non bedah, maupun tindakan pembedahan. Dalam penatalaksanaan ini diperlukan kerjasama yang baik antara bidang ilmu kardiologi, radiologi, ilmu kesehatan anak divisi nefrologi maupun kardiologi anak, bedah thoraks vascular dan anastesi.

Dalam rangka tersebut di atas, kami bermaksud mengadakan workshop vascular roadshow ke IV dengan fokus pada penatalaksanaan endovascular intervensi pada penyakit arteri perifer. Workshop ini akan melibatkan berbagai bidang ilmu diantaranya radiologi, kardiologi, ilmu kesehatan anak divisi nefrologi maupun kardiologi anak, bedah thoraks vaskular dan anastesi. Workshop ini akan dilengkapi dengan life demo endovaskular kasus nyata pasian anak dengan stenosis arteri renalis, stenosis arteri iliaka, stenosis vena subclavia dengan narasumber dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah divisi vasku

lar dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta. Dengan workshop ini diharapkan dapat meningkatan kemampuan serta ketrampilan dalam mendiagnosis pasien dengan penyakit arteri perifer dan manajemennya khususnya endovaskular intervensi.

Tujuan Kegiatan

  1. Membentuk tim vaskular yang solid yang melibatkan berbagai bidang ilmu (radiologi,kardiologi,BTKV, kardiologi anak, nefrologi anak dan anastesi) dalam penatalaksanaan pasien dengan penyakit arteri perifer
  2. Meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam mendiagnosis penyakit arteri perifer
  3. Meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam manajemen endovaskular intervensi penyakit arteri perifer

Tema Kegiatan

”Vascular Intervention : A Multidisiplinary Aprroach From Vascular Team”

Nama Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah: MALANG VASCULAR ROADSHOW IV 2017 (Proctorship Intervensi Vaskular)

Metode

  •  Kuliah diskusi
  • Review kasus
  • Demonstrasi (Life Demo)
  • Alih keterampilan (Workshop)

Sasaran Peserta

Peserta yang diharapkan akan mengikuti kegiatan ini adalah dokter spesialis kardiologi baik internal dari RS Dr Saiful Anwar maupun eksternal diluar RSUD Dr Saiful Anwar Malang,  dokter spesialis radiologi RSUD Dr Saiful Anwar, dokter spesialis bedah thoraks vascular RSUD Dr Saiful anwar Malang, dokter anastesi RSUD Dr Saiful Anwar , dokter spesialis anak devisi kardiologi anak dan nefrologi anak, serta mahasiswa PPDS-1 : Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Ilmu Radiologi, ilmu bedah, dan ilmu anastesi. Peserta diperkirakan berjumlah 40 orang.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Penyakit Jantung dan Kedokteran Vaskuler Rumah Sakit Saiful Anwar pada tanggal 29 Juli 2017. Susunan acara kegiatan terlampir.

Kepanitiaan

Kepanitiaan kegiatan ini adalah mahasiswa dan dosen/staf di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya- Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Daftar nama-nama panitia terlampir.

TEMPAT  DAN  WAKTU  PENYELENGGARAAN

Tempat            :  Ruang diskusi ruang 26 lantai 3 dan Ruang Cath Lab RSSA

Pelaksanaan   :   Sabtu, 29 Juli 2017

SUSUNAN ACARA

NO.

TIME

EVENT

PIC

1.

07.30 – 08.00

Pembukaan Acara Vascular Intervention:

A Multi Disciplinary Approach From Vascular Team

Kepala IPJT

dr. Pawik Supriadi, Sp.JP(K)

2.

08.00 – 08.30

-       Presentasi Kasus

-       Diskusi Kasus

dr. Suko Ardiarto, Sp.JP(K)

3.

08.30 – 10.30

Live Demo

Kasus 1 : An. Amira

Stenosis Arteri Renalis

Moderator:

dr. Dyahris Koentartiwi, Sp.A(K)

 

Operator:

dr. Suko Ardiarto, Sp.JP(K)

dr. M.Saifur Rohman, Sp.JP(K), PhD

dr. Novi Kurnianingsih, Sp.JP

4.

10.30 – 12.30

Live Demo

Kasus 2 : Tn.Sudjono

CLI, DM on insulin

Moderator:

dr. Sasmojo Widito, Sp.JP(K)

 

Operator:

dr. Suko Ardiarto, Sp.JP(K)

dr. M.Saifur Rohman, Sp.JP(K), PhD

dr. Novi Kurnianingsih, Sp.JP

5.

12.30 – 13.30

ISHOMA

6.

13.30 – 15.30

Live Demo

Kasus 3 : Ny.Kristina

Stenosis Vena Subclavia Dextra, CKD on HD

Moderator:

dr. Ardian Rizal Sp.JP(K)

Operator:

dr. Suko Ardiarto, Sp.JP(K)

dr. M.Saifur Rohman, Sp.JP(K), PhD

dr. Novi Kurnianingsih, Sp.JP

7.

15.30 – 16.00

Penutupan

FIELD REPORT

Vascular 2

Vascular 2

Vascular

Vascular 3

Vascular