Kardiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 25 May 2015 , oleh admin ppds cardio , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita, Pengumuman

1. Latar Belakang

 Beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia kardiologi sangat berkembang pesat, khususnya peralatan yang menunjang diagnosis dan terapi pasien jantung. Diagnosis yang tepat merupakan hal yang penting dalam menentukan penanganan yang paling tepat. Saat ini banyak peralatan yang dapat membantu klinisi dalam pengambilan keputusan dan penegakan diagnosis sehingga penting bagi setiap klinisi untuk selalu mengembangkan ilmunya dan kemahirannya dalam mengoperasikan alat-alat tersebut.

Di bidang kardiologi intervensi, salah satu alat diagnostik yang baru dan mulai diaplikasikan ialah Optical Coherence Tomography (OCT) kardiovaskuler. OCT ialah suatu sistem pencitraan invasif yang berbasis kateter. Menggunakan cahaya bukan ultrasonografi, OCT menghasilkan gambaran in vivo dengan resolusi tinggi dari arteri-arteri koroner dan stent yang tertanam. Keuntungan dari OCT ialah kemampuannya untuk memberikan gambaran secara tajam dan lebih detil yang sangat membantu klinisi dalam menentukan penanganan tepat yang selanjutnya.

Pelatihan OCT yang diadakan pada tanggal 25-26 Mei 2015 di RS Saiful Anwar bertujuan untuk menambah wawasan dan kemampuan klinisi-klinisi bagian Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah RSSA dalam menggunakan alat OCT dengan optimal. Acara ini terdiri dari presentasi materi terkait OCT di lanjutkan dengan pelatihan alat yang digunakan kepada pasien dengan metode hands on. Pelatihan ini dipimpin oleh seorang ahli dari jakarta dan Singapura.

2. Tujuan

  • Memberikan ilmu bagi para klinisi dan peserta didik PPDS bagian Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FKUB-RSSA terkait cara kerja alat OCT jantung.
  • Melatih keterampilan bagi para klinisi bagian Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FKUB-RSSA dalam menggunakan alat OCT jantung.

3. Manfaat

  • Mengoptimalkan pemakaian alat OCT jantung
  • Membantu meningkatkan angka ketepatan diagnosis yang akan mengarah kepada ketepatan penanganan pasien.

 

4. Peserta

  • Anggota SMF Jantung dan Pembuluh Darah FKUB-RSSA
  • Peserta didik PPDS Jantung dan Pembuluh Darah FKUB-RSSA

 

5. Waktu dan tempat pelaksanaan

Senin dan Selasa (25 dan 26 Mei 2015) di Ruang MR SMF Jantung dan Pembuluh Darah RSSA dan ruang Cath Lab.

6.     Agenda:

 

   SENIN, 25 MEI 2015

WAKTU

MATERI

INSTRUKTUR

08:00 – 09:30 CEK MESIN OCT MR.EDMOND
09:30 – 11:00 LECTURE OCT DAN FFR MR.EDMOND / MRS MARETA
DISKUSI
MAKAN SIANG

 

14:00 – 15:30 HANDS ON PASIEN 1 OCT &FFR DR DONY FIRMAN,SpJP
   SELASA, 26 MEI 2015

WAKTU

MATERI

INSTRUKTUR

08:00 – 09:30 HANDS ON PASIEN 1 OCT &FFR DR DONY FIRMAN,SpJP
09:30 – 10:30 HANDS ON PASIEN 2 OCT &FFR DR DONY FIRMAN,SpJP