Sekilas

Perkembangan dan kemajuan zaman membuat arah pendidikan kedokteran berubah. Pengembangan kurikulum merupakan salah satu kebutuhan utama dalam mempersiapkan dan mendukung laju perkembangan pendidikan di Indonesia, terutama jenjang pendidikan tinggi yakni diantaranya melalui kemampuan pengelola Institusi untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK), pembaharuan undang–undang, peraturan pemerintah, dan kondisi sosial masyarakat.
Dalam perkembangannya, Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah FK UB yang berdiri pada tahun 2010 telah mengalami berbagai proses pengembangan baik sarana dan prasarana pendidikan, rumah sakit pendidikan utama dan jejaring serta kurikulum pendidikan. Pada fase awal, Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah FK UB masih dalam proses meningkatkan baik kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan serta sarana prasarana sehingga masih bekerja sama dengan Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita untuk beberapa mata kuliah yang belum bisa didapatkan di Rumah Sakit Pendidikan Utama, namun seiring perjalanan waktu saat ini Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah FK UB telah memiliki seluruh divisi sesuai yang disyaratkan oleh Kolegium dalam upaya menyiapkan lulusan dengan kompetensi terbaik secara mandiri.

 

Untuk mencapai visi dan misi program studi, Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran memiliki kekhasan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Kedua hal tersebut dijadikan dasar dalam pembuatan inovasi dalam menyelesaikan masalah kesehatan terutama masalah kardiovaskuler yang dihadapi. Selain itu lulusan Program Studi juga memiliki nilai lebih dalam hal promosi kesehatan, koordinasi jejaring pelayanan kesehatan dan penatalaksanaan kegawatan kardiovaskular. Dengan semangat entrepreneur, professional, dan terintegrasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia maupun internasional. Program Studi telah mempunyai dan menyiapkan segala hal mulai dari kompetensi lulusan yang terbaik, tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana untuk menunjang jalannya pendidikan secara optimal dan berstandar internasional.