Kardiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 27 Januari 2014 , oleh angga
Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

 

  1. KETUA PROGRAM STUDI
    1. Merencanakan jadwal kegiatan pendidikan SP1 Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUB.
    2. Merencanakan dan melaksanakan proses seleksi penerimaan peserta didik Kardiologi dan Kedokteran Vaskular.
    3. Merencanakan dan melaksanakan program pendidikan dokter spesialis Kardiologi dan Kedokteran Vaskular sesuai katalog pendidikan yang dijabarkan dalam buku panduan.
    4. Merencanakan jadwal rotasi/stase peserta didik program studi Kardiologi dan Kedokteran Vaskular.
    5. Merencanakan dan melaksanakan peningkatan mutu pendidikan  program studi Kardiologi dan Kedokteran Vaskular bersama koordinator penjaminan mutu.
    6. Merencanakan dan menyusun anggaran pendidikan sesuai RKAT
    7. Mengkoordinasikan jadwal ujian bagi peserta didik Kardiologi dan Kedokteran Vaskular
    8. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan pendidikan Sp1 Kardiologi dan Kedokteran Vaskular
    9. Memantau dan mengawasi proses kegiatan pendidikan melalui SIAK-NG
    10. Merencanakan dan melaksanakan rencana program akreditasi.
    11. Mewakili rapat atas nama Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUB ditingkat yang lebih tinggi.
    12. Secara periodik mengevalusi dan merencanakan revisi kurikulum.
  1. SEKRETARIS PROGRAM STUDI
    1. Membantu merencanakan jadwal kegiatan pendidikan Sp 1 Program Studi kardiologi dan kedokteran vaskuler
    2. Membantu melaksanakan proses seleksi penerimaan peserta didik  kardiologi dan kedokteran vaskuler
    3. Membantu merencanakan dan melaksanakan Program Pendidikan Dokter Spesialis kardiologi dan kedokteran vaskuler sesuai katalog pendidikan.
    4. Membantu  merencanakan jadwal rotasi/stase PPDS Program Studi Kardiologi dan kedokteran vaskuler.
    5. Membantu merencanakan dan melaksanakan peningaktan mutu pendidikan PPDS Program Studi Kardiologi dan kedokteran vaskuler
    6. Membantu merencanakan anggaran pendidikan sesuai RKAT
    7. Mengkoordinasikan jadwal ujian bagi peserta didik Kardiologi dan kedokteran vaskuler
    8. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan pendidikan Sp1 Kardiologi dan kedokteran vaskuler
    9. Membantu memantau dan mengawasi proses kegiatan melalui SIAK-NG
    10. Membantu melaksanakan rencana program akreditasi program studi kardiologi dan kedokteran vaskuler
    11. Menghadiri rapat-rapat pendidikan di tingkat yang lebih tinggi jika KPS berhalangan hadir.
    12. Secara periodik membantu mengevaluasi dan membantu revisi kurikulum.
  1. KEPALA LABORATORIUM

Fungsi: Penyusun program, coordinator, serta penanggung jawab monitor dan evaluasi seluruh kegiatan pendidikan-pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Menjadi top management bagi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal yang terintergrasi dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2001

Tugas Pokok:

  1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas laboratorium dan melaporkannya kepada Dekan FKUB
  2. Menyusun rencana dan program kerja sebagai panduan pelaksanaan tugas.
  3. Melakukan koordiansi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan laboratorium sesuai proses bisnis berikut anggarannya
  4. Menghadiri kegiatan/undangan dan mengambil keputusan mewakili setiap keputusan yang telah disetujui dalam rapat staf laboratorium.
  1. STAF ADMINISTRASI

Fungsi: Penanggung jawab seluruh administrasi kegiatan pendidikan/pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

Staf Administrasi sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Staf Administrasi Pendidikan: S1, Co Ass (Dokter Muda) dan S2
  2. Staf Administrasi Pendidikan: PPDS dan S3
  3. Staf Administrasi Lab/SMF

Tugas Pokok Staf Administrasi Pendidikan S1, Co Ass (Dokter Muda) dan S2:

-       Membantu pengaturan jadwal mengajar / tutorial / praktikum untuk S1, Co Ass (Dokter Muda) dan S2

-       Mengarsipkan semua surat, dokumen, boring, rekaman, dan dokumen pendukung lainnya

-       Membantu penyusunan pelaporan kegiatan/dokumen yang diperlukan untuk visitasi/akreditasi

-       Mencatat setiap barang inventaris yang dikirim dari fakultas dalam buku khusus inventaris-inventaris yang ada di Lab.

-       Menyiapkan pre dan post test Co-Ass setiap hari senin dan jumat sesuai dengan soal-soal yang diberikan oleh Dosen Pembimbing

Tugas Pokok Staf Administrasi Pendidikan PPDS dan S3

-      Membantu penanggung jawab Pembelajaran dalam hal administrasi setiap kegiatan pembelajaran

-      Memfasilitasi sarana pelaksanaan kuliah dan praktikum

-      Menerima serta mengumumkan Jadwal Kuliah, Praktikum & Ruang Kuliah

-      Membantu pelaporan daftar hadir kegiatan pembelajaran

-      Membantu pelaksanaan ujian

-      Membuat perencanaan anggaran, transaksi dan administrasi keuangan PPDS

Tugas Pokok Staf Administrasi Lab/SMF

-      Membantu Kepala Laboratorium dalam hal administrasi setiap kegiatan kuliah dan praktikum

-      Melakukan entry data permintaan kerja yang dilakukan di Laboratorium

-      Melakukan pengaturan jadwal jaga supervisor, Morning Report, praktek, kegiatan divisi.

-      Mengatur kegiatan dan acara yang diadakan di Laboratorium

-      Membuat perencanaan anggaran berdasarkan kebutuhan dan alokasi yang ditetapkan oleh Lab/SMF

  1. BIDANG / KOORDINASI PENDIDIKAN

Fungsi: Penanggung jawab dan coordinator perencanaan, pelaksanaan, monitor, evaluasi, dan pelaporan kegiatan pendidikan dan pengajaran kedokteran dan ilmu kesehatan.

Tugas Pokok:

  1. Melakukan perencanaan jadwal mengajar/tutorial/praktikum kedokteran dan ilmu kesehatan dengan persetujuan Kepala Laboratorium dan PMJK untuk setiap blok/semester
  2. Melakukan monitor dan evaluasi setiap kegiatan pendidikan dan pengajaran kedokteran dan ilmu kesehatan dan melaporkan hasil evaluasi kepada Kepala laboratorium
  3. Mengambil keputusan mengenai jumlah dan tipe soal ujian serta pelaksanaan ujian
  4. Bertanggung jawab terhadap penyimpanan soal-soal Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler
  5. Bertanggung jawab terhadap semua nilai mata kuliah Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler di setiap blok/semester
  6. Menghadiri rapat/lokakarya mengenai pendidikan dan pengajaran
  1. BIDANG / KOORDINASI PENELITIAN

Fungsi: Penanggung jawab dan coordinator perencanaan, pelaksanaan, monitor, evaluasi, dan pelaporan kegiatan penelitian.

Tugas Pokok:

  1. Melakukan pengaturan jadwal penggunaan laboratorium dan peralatan untuk penelitian mahasiswa S1/S2/S3 kedokteran dan ilmu kesehatan, dosen serta peneliti lainnya dengan persetujuan Kepala Laboratorium Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler
  2. Melakukan koordinasi kegiatan penelitian di Laboratorium Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler
  3. Memonitor kegiatan penelitian di Laboratorium Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler
  4. Mengevaluasi setiap kegiatan penelitian di Laboratorium Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler dan melaporkan hasil evaluasi kepada Kepala Laboratorium
  5. Membina kerjasama penelitian dengan institusi lain
  1. BIDANG / KOORDINASI PELAYANAN

Fungsi: Penanggung jawab dan coordinator perencanaan, pelaksaan, monitor, evaluasi dan pelaporan kegiatan pelayanan medis maupun non medis di Laboratorium Karidologi dan Kedokteran Vaskuler

Tugas Pokok:

  1. Optimalisasi kemampuan pelayanan kardiovaskular paripurna dengan rincian:
    1. Tahap I
  • Optimalisasi CVCU, rehabilitasi medik, diagnostik non invasif dan invasif sederhana
  • Optimalisasi sarana dan prasarana pendukung
  • Operasi tertutup dan intervensi PPM, BMV, BPV
  • Rehabilitasi Medis, laboratorium dan Gizi
  1. Tahap II
  • Laboratorium Katerisasi dan OK. Kardiologi dan kedokteran vaskular Torakkardiovaskular
  • Operasi Jantung terbuka
  • Emergensi kardiologi dengan MCCU/118
  • Intervensi jantung katub dan koroner
  1. Tahap III
  • Optimalisasi katerisasi intervensi jantung dan operasi jantung terbuka
  1. Optimalisasi Cardiac Centre dan tim kardiologi dan kedokteran vaskular jantung dalam upaya pelayanan kardiovaskular
  2. Memonitor penggunaan Peralatan medik penunjang tindakan non invasive maupun termasuk laboratorium katerisasi jantung
  3. Mengevaluasi setiap kegiatan yang dilakukan tenaga terampil baik medis, paramedis bidang perawatan maupun non perawatan