Kardiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 27 January 2014 , oleh angga

Visi program Pendidikan

Menjadi Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Spesialis-1 (PPDSP-1) Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang terkemuka di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Misi program Pendidikan

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang didukung pengembangan riset   sehingga mampu melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar profesi dan perkembangan iptekdokes secara global. Yang berpedoman pada TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI diantaranya, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan dan pengabdian masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dengan mengembangkan organisasi dan manajemen yang berorientasi pada kualitas, otonomi, akuntabilitas dan akreditasi.
  3. Membina jaringan kemitraan dengan berbagai institusi pendidikan dan rumah sakit pemerintah maupun swasta di Indonesia dan di luar negeri dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan.

Tujuan Umum

Program Studi Pendidikan Akademik Kedokteran Profesi Dokter Spesialis-1  (PAKPDSP-1) Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FKUB bertujuan menghasilkan seorang Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah yang mampu:

  • Memberikan pelayanan kedokteran spesialistik dengan menggunakan Ilmu Kedokteran setingkat strata 2 sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Mengembangkan sikap dan perilaku pribadinya sesuai dengan etik ilmu dan etik profesi kedokteran.

Tujuan Khusus

Sadar akan tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia, yang mengabdi dalam bidang pelayanan kesehatan serta mengerti dan merasakan tuntutan masyarakat dan program pemerintah untuk meningkatkan taraf kesehatan rakyat maka seorang sarjana ilmu penyakit jantung dan pembuluh darah Indonesia harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mempunyai tanggung jawab dalam pengamalan ilmu kardiovaskular
  • Mempunyai pengetahuan yang luas dalam bidangnya dan memiliki ketrampilan yang cukup untuk menanggulangi masalah penyakit jantung dan pembuluh darah dari masa bayi sampai usia lanjut dalam masyarakat.
  • Mampu mengembangkan dan melaksanakan pelayanan penyakit jantung dan pembuluh darah di lingkungannya.
  • Mampu mngembangkan diri untuk meningkatakan pengetahuan dan ketrampilan sebagai dokter spesialis penyakit jantung dan npembuluh darah kearah tingkat akademik yang lebih tinggi sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tuntunan masyarakat.
  • Mampu merencanakan, melaksanakan pendidikan dan penelitian secara mandiri dalam rangka lebih mengembangkan penanggulan masalah kardiovaskular.

Maklumat Layanan

Sesuai dengan Visi Misi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Jantung dan Pembuluh Darah yang sejalan bersama dukungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya bersama Rumah Sakit Saiful Anwar bertekad menerapkan sistem kerja terpadu untuk memberikan layanan yang terbaik guna mewujudkan kepuasan pengguna jasa layanan FKUB dalam rangka Pelayanan Prima

Etika Pelayanan :

  • Mengawali dengan 5 S yaitu : senyum, salam, sapa, sopan dan santun
  • Mengedepankan moto rumah sakit Saiful Anwar Malang yaitu “Kepuasan dan Keselamatan Pasien Tujuan Kami”
  • Wajib memakai tanda pengenal / kartu idientitas
  • Tidak dibenarkan dalam memberikan pelayanan sambil merokok atau berkomunikasi dengan Handphone atau alat komunikasi lainnya

Pelayanan yang spesialistik telah dilaksanakan dan diinformasikan kepada seluruh masyarakat mengenai pelayanan jantung yang paripurna seperti fasilitas pemasangan kateter jantung, pemasangan pacu jantung, rehabilitasi jantung, poli jantung, ruang intensive/ ruang gawat jantung, ruang intermediete jantung, ruang echocardiography, ruang treadmill dll. Fasilitas tersebut dipublikasikan melalui seminar-seminar, workshop, media masa, RRI, Program jejaring puskesmas dengan dokter puskesmas.

MOTTO

HEART :

H – Humanity
E – Excellent
A – Appreciate
R – Responsibility
T – Trust