Kardiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 27 January 2014 , oleh angga

Umpan Balik dari

Isi Umpan Balik

Tindak Lanjut

(1)

(2)

(3)

Dosen
  1. Adalah seluruh staf pengajar di lingkup Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FKUB/RSSA.
  2. Materi kuisioner meliputi hak staf pengajar, sarana & prasarana, pembinaan dan pengembangan staf pengajar.
  3. Mayoritas hasil baik, namun pada topik tentang  sarana & prasarana – 9 % sangat kurang.
Memfasilitasi perbaikan sarana & prasarana.
Mahasiswa
  1. Adalah peserta didik semester 1 s/d 7
  2. Materi kuisioner meliputi ranah staf pengajar, proses belajar mengajar, sarana prasarana, hak dan kewajiban.
  3. Mayoritas hasil menyatakan bagus, hanya pada topik tentang Kecukupan waktu peserta didik untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dirasa kurang (11%).
Mengarahkan mahasiswa agar lebih bisa menentukan skala prioritas

a. Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa:

1. Mempertahankan akreditasi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah  FKUB dari Kolegium/BAN-PT.

2. Meningkatkan kinerja manajemen.

3. Berperan aktif dengan memasukkan muatan lokal kurikulum Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FKUB ke dalam materi mata kuliah elektif FK UB.

4. Melengkapi sarana prasarana Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FKUB.

5. Memperbanyak workshop.

6. Menambah kemitraan & pengabdian masyarakat.

7. Setiap tahun mengalami peningkatan

b. Upaya peningkatan mutu manajemen:

1. Melakukan evaluasi dan monitoring bulanan.

2.Workshop.

3. Upgrading, kursus-kursus materi yang berkaitan dengan kinerja staf maupun tenaga kependidikan.

4. Komputerisasi data.

c. Upaya untuk peningkatan mutu lulusan:

1. Upgrading(meningkatkan kualitas) staf pengajar (termasuk staf pengajar dari RS jejaring) sesuai minat divisinya, baik di tingkat nasional maupun internasional.

2. Bimbingan dan evaluasi bulanan terhadap peserta didik dengan metoda yang sudah ditetapkan dari Kolegium

3. Memfasilitasi tambahan muatan lokal kedalam kurikulum standar dari Kolegium Ilmu Jantung Indonesia.

4. Mengirimkan peserta didik ke RS jejaring untuk mempercepat pencapaian modul dan menambah pengalaman disamping untuk mendapatkan kompetensi terhadap modul-modul tertentu yang tidak dapat dilakukan di RS pendidikan utama.

d. Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan:

1. Melengkapi MOU dengan RS jejaring (mitra pendidikan).

2. Memfasilitasi staf pengajar di RS jejaring untuk mendapatkan pengakuan / legalitas sebagai tenaga pengajar.

3. Evaluasi RS jejaring dalam pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar.

4. Memberikan kesempatan yang sama terhadap staf pengajar di RS jejaring untuk meningkatkan kualitas sesuai minat diselaraskan dengan rencana pengembangan RS jejaring.