Ceramah Ilmiah Populer Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUB/RSSA Malang “ASI dan MPASI yang tepat untuk Generasi Genius”

Seminar ASI dan MPASI

Bayi adalah tahapan pertama kehidupan seorang manusia setelah terlahir dari rahim ibu. Pemberian ASI eksklusif adalah langkah awal bagi bayi untuk tumbuh kembang optimal. Laporan The Agency for Healthcare Research and Quality mengatakan bahwa pemberian ASI berhubungan dengan pengurangan resiko terhadap otitis media, diare, infeksi saluran pernafasan bawah, dan enterokolitis nekrotikans.
Pengetahuan masyarakat tentang ASI eksklusif masih sangat kurang, misalnya pemberian makanan padat seperti nasi yang dihaluskan atau pisang yang terlalu cepat maupun penggantian ASI dengan madu, gula, mentega, air atau makanan lain karena ASI tidak keluar atau dirasa tidak cukup. Masalah lain yang sering terjadi adalah manajemen ASI untuk ibu yang bekerja serta permasalahan pemberian ASI lain yang cukup kompleks.
Bertambah umur bayi bertambah pula kebutuhan gizinya. Ketika bayi memasuki usia 6 bulan keatas, beberapa elemen nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam ASI atau susu formula tidak lagi mencukupi. Sebab itu sejak usia 6 bulan, kepada bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MP ASI) agar kebutuhan bayi terpenuhi. Dalam pemberian MP ASI, frekuensi porsi,pemilihan bahan makanan, cara pembuatan dan cara pemberiannya. Disamping itu perlu pula diperhatikan pemberian makanan pada waktu bayi sakit dan bila ibu bekerja di luar rumah.
Beberapa masalah pemberian makanan pendamping ASI (MP ASI) antara lain pemberian MP ASI terlalu dini atau terlambat, MP ASI yang diberikan tidak cukup, frekuensi pemberian MP ASI kurang, prioritas gizi yang salah pada keluarga.
Departemen Ilmu Kesehatan Anak dan IDAI cabang Jatim perwakilan V Malang menyelenggarakan ceramah ilmiah populer mengenai pemberian ASI dan MP ASI serta berbagai permasalahannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai perkembangan dan permasalahan pemberian ASI dan MP ASI dalam mempersiapkan tumbuh kembang bayi yang optimal. Acara yang bertajuk CIP (Ceramah Ilmiah Populer) di adakan di Graha Medika, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, 7 oktober 2018. Antusiasme masyarakat orang tua, baik bapak dan ibu sangat tiggi. Terbukti acara ini diikuti oleh ratusan kalangan bapak dan ibu baik yang ada di kota dan di luar kota malang.

<
>