INDIKATOR SASARAN, PROGRAM, DAN KEGIATAN
MISI 1 | |||||
SASARAN STRATEGIS | INDIKATOR | PROGRAM | KEGIATAN | WAKTU | PENANGGUNG JAWAB DAN PIHAK TERKAIT |
SS-01 | Terwujudnya kerjasama dengan institusi pendidikan ilmu kesehatan anak luar negeri yang terekognisi | Kerjasama dengan institusi pendidikan IKA luar negeri yang terekognisi | · Meninjau ulang kerjasama dengan institusi luar negeri yang telah dirintis
· Koordinasi dengan badan kerjasama luar negeri FKUB · Identifikasi institusi pendidikan IKA luar negeri yang layak dijajaki · Komunikasi dengan institusi yang dituju · Pemenuhan persyaratan kerjasama · Pembuatan aturan pelaksanaan |
Maret 2021 – Maret 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Kepala Departemen · BPPM FKUB |
Terwujudnya kurikulum berstandar internasional | Penyusunan kurikulum berstandar internasional | · Koordinasi dan diskusi dengan MEU FKUB
· Koordinasi dan diskusi dengan KIKAI · Benchmarking dengan PS yang telah mengembangkan kurikulum internasional · Identifikasi dan telaah kurikulum IKA luar negeri yang mampu-terap · Lokakarya kurikulum · Percobaan penerapan kurikulum berstandar internasional · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Januari 2023 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Kurikulum · MEU FKUB · KIKAI |
|
SS-02 | Persentase kegiatan yang menggunakan teknik pembelajaran mutakhir dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat | Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan divisi | · Pembuatan video kuliah
· Penilaian pre-test, post-test, WPBA (mini-cex, CbD, DOPS, Mini-PAT), dan ilmiah divisi melalui Google form/aplikasi lain · Pembuatan modul dalam bentuk e-book atau file yang bisa diakses melalui website · Pembuatan halaman dashboard pada website yang menunjukkan kegiatan dan capaian PPDS · Pembuatan aturan pelaksanaan · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Maret 2021-Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator Kurikulum · Koordinator Assessment |
Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan umum | · Pembuatan sistem manajemen computerized yang mencatat seluruh business process
· Pembuatan pangkalan data elektronik · Penilaian ilmiah sidang melalui Google form/aplikasi lain · Pembuatan halaman dashboard pada website yang menunjukkan kegiatan dan capaian PPDS · Kuliah daring dengan pengajar eksternal · Pembuatan portofolio berbasis aplikasi atau web · Pembuatan log book berbasis aplikasi atau web · Penerapan absen elektronik · Pembuatan sistem pelaporan kegiatan pendidikan yang terintegasi dengan laporan keuangan · Pembuatan sistem pencatatan dan reminding jadwal ilmiah · Pembuatan aturan pelaksanaan · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Maret 2021-Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator Kurikulum · Koordinator Assessment |
||
Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan penelitian dan pengmas | · Pembuatan sistem manajemen computerized yang mencatat seluruh business process
· Pembuatan pangkalan data elektronik · Pembuatan sistem pelaporan kegiatan penelitian dan pengmas yang terintegasi dengan laporan keuangan · Pembuatan sistem pencatatan dan reminding jadwal proses pembuatan tesis |
Maret 2021-Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator TA dan Penelitian |
||
Tersedianya pembelajaran simulasi | Revitalisasi skill lab | · Penyusunan kurikulum dan kegiatan belajar di skill lab
· Penyusunan panduan belajar skill lab · Integrasi pendidikan dan penilaian skill lab dengan WPBA · Penyediaan sarana prasarana skill lab · Penyusunan RAB sarana prasarana skill lab |
Januari – Desember 2022 | ||
Tersedianya standar baku kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat | Review dan revisi panduan pendidikan | · Penyusunan panduan penerimaan PPDS
· Review dan revisi tata tertib dalam buku panduan PPDS · Penyusunan standar baku rotasi, jaga, dan ilmiah · Penyusunan jadwal 1 semester untuk rotasi, jaga, dan ilmiah · Penyusunan pedoman assessment · Penyusunan standar baku kenaikan tingkat · Penyusunan standar baku kelulusan |
Februari 2021-Juni 2021 | · Pengurus program studi | |
Penyusunan panduan penelitian dan pengmas | · Penyusunan panduan penelitian dan pengmas
· Review dan revisi panduan TA |
Januari – Juni 2022 | · KPS
· Koordinator TA dan Penelitian |
||
Persentase lulusan tepat waktu | Evaluasi 6 bulanan pada kinerja PPDS | · Penetapan tugas dan peran dosen penasihat akademik (PA) untuk evaluasi aspek akademis, kesehatan, dan non-akademis PPDS tiap bulan
· Pelaksanaan evaluasi nilai, dan capaian kompetensi tiap 6 bulan · Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan PPDS tiap 6 bulan · Penetapan aktivitas konsultasi dosen PA sebagai syarat kenaikan tingkat. · Bantuan konseling dan perawatan PPDS yang mengalami gangguan kesehatan fisik atau jiwa. · Penetapan tugas dan peran pedigree untuk membantu kegiatan akademis · Pembuatan aturan pelaksanaan · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Februari – Desember 2021 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator Kurikulum · Koordinator Assessment · Koordinator PA |
|
Jumlah penelitan translasional dan pengmas dosen yang melibatkan PPDS dan sesuai roadmap | Pembuatan pohon/roadmap penelitian dan pengmas, dan pendataan pelaksana | · Bekerja sama dengan koordinator penelitan Departemen IKA untuk pembuatan pohon penelitian computerized
· Pendataan penelitan dan pengmas yang sedang berjalan · Distribusi pelaksana penelitian dan pengmas untuk tugas akhir PPDS |
Februari 2021– Januari 2022 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator TA dan Penelitian |
|
Pelaksanaan pengabdian masyarakat | · Identifikasi kebutuhan masyarakat
· Penugasan proyek pengmas pada PPDS · Pembuatan proposal pengmas · Presentasi proposal · Pengurusan ijin · Pelaksanaan pengmas · Pembuatan laporan pengmas format publikasi |
Januari 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator TA dan Penelitian |
||
Pelaksanaan penelitian klinis dan biomolekular | · Pembuatan proposal penelitian
· Presentasi/ujian proposal · Pengurusan kaji etik · Pelaksanaan penelitian · Pembuatan laporan penelitian format publikasi · Evaluasi ketepatan waktu penelitian TA PPDS |
Januari 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator TA dan Penelitian |
||
SS-03 | Jumlah inovasi PPDS yang mendapatkan rekognisi nasional atau internasional | Publikasi hasil karya di jurnal nasional atau internasional terakreditasi | · Lokakarya pembuatan case report dan review berstandar jurnal
· Pembuatan aturan perubahan format tugas ilmiah (case report dan TK) menjadi format publikasi jurnal · Publikasi tugas ilmiah dan penelitian di jurnal nasional atau internasional terakreditasi · Presentasi karya ilmiah di ajang internasional · Pencarian dana penelitian · Pencarian dana publikasi · Pelaksanaan penelitian kolaboratif antar-divisi, departemen, atau institusi · Mengikui lomba ilmiah · Pembuatan aturan pelaksanaan · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Februari 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator TA dan Penelitian · BPPM |
· Pembuatan kelompok studi
|
Januari 2022 – Desember 2024 | ||||
Jumlah lulusan yang tersertifikasi kompetensi internasional | Ujian sertifikasi internasional | · Lokakarya kurikulum: Kajian/telaah manfaat, prosedur, persiapan, pelaksanaan
· Pembuatan aturan pelaksanaan · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Januari 2023 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Kurikulum · Koordinator Assessment |
|
Tersedianya fasilitasi untuk PPDS mendapatkan kompetensi tambahan | Kegiatan Ekstrakurikuler PPDS | · Identifikasi kebutuhan kompetensi tambahan
· Pelaksanaan ekstrakurikuler bahasa asing, manajerial dasar, informasi dan teknologi · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Maret 2022 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan |
|
· Masa tunggu kerja lulusan
· Persentase lulusan yang bekerja di institusi luar negeri |
Tracer study | · Kajian/telaah kebutuhan data
· Pembuatan kuesioner elektronik (Google form) · Diseminasi kuesioner · Pengumpulan dan analisis data · Laporan hasil dan pembuatan rekomendasi · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Maret 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Monev |
|
Tingkat partisipasi alumni dalam pengembangan program studi | Pertemuan alumni berkala | · Pembentukan panitia
· Penyusunan materi · Laporan hasil dan pembuatan rekomendasi · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Januari 2021. -Desember 2024 (berkala tiap tahun) | · KPS
· Koordinator Monev · Ketua IKARA |
|
MISI 2 | |||||
SASARAN STRATEGIS | INDIKATOR | PROGRAM | KEGIATAN | WAKTU | PENANGGUNG JAWAB DAN PIHAK TERKAIT |
SS-04 | Jumlah kegiatan diseminasi hasil penelitian dan pengmas | Publikasi ilmiah | · Lokakarya penulisan jurnal
· Pembuatan manuskrip · Pengumpulan (submit) manuskrip · Pencarian dana publikasi · Pembuatan laporan kegiatan dan keuangan |
Januari 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Staf dan PPDS pelaksana penelitian dan pengmas |
Persentase capaian ruang lingkup dan sasaran kegiatan diseminasi ide hasil penelitian dan pengmas | Review dan pendataan hasil publikasi | · Lokakarya/rapat kerja penelitian dan pengmas
· Pendataan kegiatan penelitian dan pengmas · Evaluasi capaian sasaran · Evaluasi laporan kegiatan dan keuangan penelitian dan pengmas |
Desember 2021 – Desember 2024 (Tiap akhir tahun) | · KPS
· Koordinator TA dan penelitian · Koordinator penelitian dan pengmas Departemen |
|
Peningkatan kualitas hidup anak Indonesia sebagai dampak kegiatan penelitian/pengmas dosen | Review dan pendataan hasil penelitian dan pengmas | · Lokakarya/rapat kerja penelitian dan pengmas
· Evaluasi manfaat penelitian dan pengmas |
Desember 2021 – Desember 2024 (Tiap akhir tahun) | · KPS
· Koordinator Monev · Koordinator TA dan penelitian · Koordinator penelitian dan pengmas Departemen |
|
SS-05 | H-Index rerata Dosen IKA (SINTA) | Peningkatan publikasi dan sitasi dosen | · Lokakarya/rapat kerja penelitian
· Revisi case report dan TK menjadi format publikasi · Fasilitasi pencarian dana penelitian dan publikasi · Evaluasi kinerja penelitian dosen |
Februari 2021– Desember 2024 | · KPS
· Koordinator TA dan penelitian · Koordinator Monev · Koordinator penelitian dan pengmas Departemen |
Jumlah produk inovasi yang dikembangkan dalam layanan kesehatan, industri, dan kelompok masyarakat | Peningkatan jumlah HAKI | · Lokakarya/rapat kerja penelitian
· Fasilitasi pengurusan HAKI · Evaluasi kinerja penelitian dosen |
Februari 2021– Desember 2024 | · KPS
· Koordinator TA dan penelitian · Koordinator Monev · Koordinator penelitian dan pengmas Departemen |
|
SS-06 | Persentase kerjasama yang ditindaklanjuti dengan kegiatan pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran bidang IKA | Peningkatan kerjasama pendidikan dan penelitian dengan institusi dalam atau luar negeri yang terekognisi | · Pembuatan MOU kerjasama
· Penyusunan model kerjasama · Kerjasama pendidikan dan pelatihan · Penelitian bersama · Publikasi hasil penelitian |
Maret 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator TA dan penelitian · Kepala Departemen · Badan kerjasama luar negeri FKUB |
MISI 3 | |||||
SS-07 | Persentase jumlah konsultan, doktor, guru besar terhadap jumlah dosen tetap | Peningkatan jumlah dosen dengan jabatan Guru Besar | · Fasilitasi pengurusan jabatan fungsional
· Fasilitasi pengurusan NIDN/NIDK dan syarat-syarat dosen lainnya · Peningkatan jumlah publikasi dosen |
Februari 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Kepala Departemen |
SS-08 | Tersedianya rencana induk berbasis data sebagai acuan pengelolaan program studi IKA | Pembuatan sistem manajemen data computerized | · Lokakarya sistem manajemen
· Identifikasi kebutuhan data input, process, dan output yang disesuaikan dengan kebutuhan program studi dan borang akreditasi · Penjajakan kerjasama dengan apps developer |
Maret 2021 – Desember 2024 | · Pengurus program studi
· Pengurus Departemen |
SS-09 | Persentase pemenuhan standar penyediaan sarana prasarana program studi IKA yang mendukung keberlanjutan kegiatan tridarma berbasis teknologi mutakhir | Review dan pendataan sarana prasarana | · Rapat kerja
· Identifikasi sarana prasarana yang tersedia · Identifikasi kebutuhan sarana-prasarana · Penyusunan RAB sarana prasarana |
Januari 2021 – Desember 2024 (Tiap tahun) | · KPS
· Koordinator Monev · Pengurus Departemen |
SS-10 | Modernisasi pengelolaan keuangan | Pembuatan sistem manajemen data computerized | · Lokakarya sistem manajemen
· Identifikasi kebutuhan data input, process, dan output keuangan · Penjajakan kerjasama dengan apps developer · Pengangkatan tenaga admin khusus manajemen data |
Maret 2021 – September 2021 | · Pengurus program studi
· Pengurus Departemen |
Rasio penerimaan dana dari peserta didik dibandingkan pendapatan lain | Peningkatan pendapatan non UKT | · Pencarian dana hibah penelitian dan pengmas
· Pembuatan startup atau aplikasi kesehatan anak · Pembuatan buku kesehatan anak · Pembuatan dan upload video pendidikan dan pelatihan |
Januari 2021 – Desember 2024 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Staf Divisi · PPDS |
|
SS-11 | Persentase kelengkapan data audit internal mutu (AIM) | Pemenuhan dan evaluasi data kelengkapan AIM | · Identifikasi kebutuhan data AIM
· Pemenuhan kelengkapan data · Evaluasi kekurangan data |
Februari 2021 – Desember 2024 (berkala tiap 6 bulan) | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator Monev |
Tercapainya akreditasi paripurna | Persiapan akreditasi LAM-PTKes | · Pembentukan tim khusus akreditasi
· Identifikasi kebutuhan data akreditasi · Pemenuhan kelengkapan data |
Februari 2021– Oktober 2022 | · KPS
· Koordinator Pendidikan · Koordinator Monev · Tim Khusus Akreditasi |