Tugas & Fungsi

SUSUNAN, TUGAS POKOK, DAN FUNGSI PENGURUS PS IKA FKUB 2021-2024

PENGURUS

  • Ketua Program Studi       : Dr. Saptadi Yuliarto, MKes, SpA(K)
  • Koordinator Pendidikan : Dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, MBiomed, SpA(K)
  • Tim Kurikulum
    • Unit Kurikulum dan Keilmuan : Dr. Brigitta Ida R.V.C., MKes, SpA(K)

Dr. Muhammad Irawan, MBiomed, SpA

  • Unit Pengembangan Assessment      : Dr. Dyahris Kuntartiwi, SpA(K)

Dr. Irfan Agus Salim, MBiomed, SpA

  • Unit Tugas Akhir dan Penelitian       : Dr. Savitri Laksmi Winaputri, SpA(K)
  • Tim Monitoring dan Evaluasi
  • Unit Monev dan Pengolahan data    : Dr. Astrid Kristina. Kardani, MBiomed, SpA(K)

Dr. Hajeng Wulandari, MBiomed, SpA

  • Unit Kepenasihatan Akademik         : Dr. Nugroho Danu Tri Subroto, SpA(K)

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Ketua Program Studi

Tugas:

  1. menyusun program kerja sebagai pedoman kerja dengan prinsip efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi;
  2. memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial program studi untuk pengendalian pelaksanaan proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;
  3. melakukan koordinasi dengan Ketua Jurusan dalam hal penyusunan kebijakan mutu dan sasaran mutu;
  4. mengelola pelaksanaan pendidikan program studi untuk pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pimpinan fakultas dengan bekerjasama dengan pihak terkait (Kolegium/Asosiasi).

Fungsi: Mewujudkan realisasi:

  1. koordinasi semua stakeholder untuk mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang dibuat Kolegium/Asosiasi;
  2. koordinasi dengan ketua jurusan dan sekretaris jurusan serta kepala Departemen dalam melakukan penjaminan mutu akademik;
  3. koordinasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta Kepala Departemen dalam menyusun rencana dan pertanggungjawaban penerimaan mahasiswa;
  4. pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dalam persiapan Akreditasi Program Studi;
  5. program kerja untuk pengembangan mutu pendidikan;
  6. program unggulan yang memperkuat eksistensi program studi berdasar rencana pengembangan fakultas;
  7. penyusunan rencana dan koordinasi kegiatan pelaksanaan praktikum/stase lapangan mahasiswa;
  8. koordinasi penyusunan konsep rencana pembelajaran semester berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  9. pembuatan pembagian tugas perkuliahan dan beban mengajar dosen;
  10. penyusunan instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan mutu Program Studi;
  11. monitoring dan pencapaian kompetensi dan menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa;
  12. studi pelacakan terhadap mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan;
  13. masukan tentang kinerja para dosen dan karyawan administrasi kepada ketua jurusan;
  14. pemberlan dan atau pengusulan sanksi untuk mahasiswa sesuai aturan yang berlaku;
  15. penyusunan laporan kinerja program studi baik melalui pangkalan data perguruan tinggi, dan atau borang akreditasi;
  16. pengusulan perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia;
  17. pengelolaan surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin, perpanjangan studi dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).

Koordinator Pendidikan

Tugas:

  1. Mengoordinasikan kegiatan operasional:
    1. Kesekretariatan;
    2. AdministrasiAkademik;
    3. Administrasi Keuangan; dan
    4. Administrasi Umum dan Perlengkapan.
  2. Memberikan masukan kepada Ketua Program Studi, baik diminta maupun tidak;
  3. Mengoordinasikan penyelenggaraan mata kuliah;
  4. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang akademik dan membantu Ketua Program Studi dalam pembuatan draft aturan di bidang pendidikan;
  5. Menjamin kelancaran rotasi harian dan jaga PPDS;
  6. Mengadakan evaluasi tiap bulan tentang penilaian ilmiah dan kinerja PPDS;
  7. Mengadakan yudisium setiap semester;
  8. Menyusun dan menyampaikan laporan hasil kerjanya kepada Ketua Program Studi.

Fungsi: Mewujudkan realisasi pelaksanaan kepemimpinan operasional, organisasi, dan publik pada Program Studi.

Unit Kurikulum dan Keilmuan

Tugas:

  1. Melaksanakan perencanaan, pengkajian, dan pengembangan kurikulum di tingkat Program Studi;
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi internal terhadap kurikulum, proses belajar mengajar, keterampilan instruksional dosen, dan infrastruktur akademik di tingkat Program Studi.
  3. Mengkoordinasikan perancangan, implementasi pembelajaran, asesmen, dan pengembangan mata kuliah kepada ketua Divisi;
  4. Mengkoordinasikan revisi atau pembuatan modul pembelajaran;
  5. Menjamin pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar berbasis modul pada tiap divisi;
  6. Menyusun rancangan metode pembelajaran yang bervariasi untuk mencapai kompetensi;
  7. Menyusun rancangan pembelajaran simulasi di skill lab.

Fungsi: Mewujudkan realisasi:

  1. Proses pengembangan kurikulum sejalan dengan yang dibuat oleh kolegium dan bertanggung jawab kepada Dekan, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi.
  2. Proses belajar mengajar di masing-masing Mata Kuliah pada Program Studi.

Unit Monitoring, Evaluasi, dan Pengolahan Data

Tugas:

  1. Melaksanakan penjaminan dan pengembangan mutu akademik tingkat program studi
  2. Melaksanakan dan mengoordinasikan tenaga kependidikan dalam pengadministrasian data dukung kegiatan akademik;
  3. Menyiapkan akreditasi program studi:
  4. Menyusun instrumen monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan;
  5. Membuat tracer study atau studi pelacakan terhadap mahasiswa, alumnl dan pengguna lulusan;
  6. Berkoordinasi dengan administrasi keuangan untuk menyusun dan mengevaluasi rencana anggaran belanja (RAB);
  7. Menyusun laporan kinerja Program Studi secara berkala, untuk dilaporkan ke Ketua Jurusan.

Fungsi: Mewujudkan realisasi kegiatan penjaminan mutu, serta memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan pendidikan pada Program Studi.

Unit Pengembangan Assessment

Tugas:

  1. Membuat rubrik penilaian untuk seluruh kegiatan assessment MPA dan MPK;
  2. Diseminasi pemahaman rubrik kepada pengajar dan peserta didik, serta menjamin ketaatan penggunaan rubrik oleh penilai;
  3. Menyusun portofolio peserta didik yang dapat diakses oleh pengajar dan peserta didik;
  4. Benchmarking, mengembangkan, dan menyusun metode-metode assessment yang mampu menilai seluruh aktivitas peserta didik secara adil dan transparan,
  5. Menyusun sistem kenaikan tingkat yang mempertimbangkan seluruh penilaian aktivitas peserta didik;
  6. Membuat sistem pengawalan nilai dari ketua Divisi, validasi oleh Ketua Program Studi, publikasi dan verifikasi nilai;
  7. Membuat bank soal dengan kualitas setara MCQ nasional, yang diterapkan pada pre- dan post-test divisi.
  8. Membuat sistem penghargaan (reward) sebagai salah satu penilaian tambahan PPDS;
  9. Mengadakan lokakarya asesmen.

Fungsi: Mewujudkan realisasi kegiatan belajar mengajar dalam hal asesmen pada Program Studi.

Unit Kepenasihatan Akademik

Tugas:

  1. Melaksanakan dan mengkoordinasikan perancangan, implementasi, dan monitoring evaiuasi dalam proses kepenasehatan akademik;
  2. Membuat daftar dosen pembimbing akademik (PA) dan PPDS bimbingan;
  3. Membuat manual prosedur konsultasi PPDS kepada dosen PA;
  4. Mengevaluasi kuantitas dan kualitas proses konsultasi PPDS kepada dosen PA;
  5. Menyusun rencana penghitungan jumlah konsultasi sebagai syarat kenaikan tingkat PPDS;
  6. Mendorong terselesaikannya masalah-masalah akademik dan non-akademik PPDS pada tingkat dosen PA dan mencegah terjadinya masalah yang lebih berat.

Fungsi: Mewujudkan realisasi proses kepenasihatan akademik di Program Studi.

Unit Tugas Akhir dan Penelitian

Tugas:

  1. Mendistribusikan tema penelitian kepada PPDS berdasarkan pohon penelitian departemen;
  2. Menyusun program kerja sama penelitian dengan pihak eksternal;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pendaftaran tugas akhir;
  4. Melayani pembuatan surat ijin penelitian mahasiswa;
  5. Menyusun jadwal seminar ujian proposal dan tugas akhir dan mendorong ketepatan waktu pengajuan oleh PPDS;
  6. Mengevaluasi ketepatan waktu pelaksanaan ujian proposal dan tugas akhir;
  7. Memeriksa kelengkapan syarat pengajuan seminar ujian proposal dan tugas akhir;
  8. Membuat rubrik penilaian ujian proposal dan tugas akhir, serta melakukan evaluasi berkala;
  9. Menyelenggarakan kegiatan seminar ujian proposal dan tugas akhir;
  10. Memfasilitasi akses dosen pembimbing/penguji tugas akhir ke PPDS dan sebaliknya;
  11. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembimbingan tugas akhir;
  12. Memfasilitasi publikasi hasil penelitian staf dan PPDS dalam jurnal atau acara ilmiah.

Fungsi: Mewujudkan realisasi proses pelaksanaan penelitian, penyusunan tugas akhir, dan publikasi pada Program Studi.