Organisasi Penjaminan Mutu

STRUKTUR ORGANISASI UJM FKUB/RSSA MALANG

ujm

UNIT JAMINAN MUTU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS-1 ANAK  FKUB/RSSA

Sistem penjaminan mutu mengacu pada Sistem Penjaminan Mutu (SPM) fakultas dan universitas berdasarkan dokumen mutu yang terdiri dari Manual mutu Fakultas , Standar mutu Universitas dan fakultas, Manual Prosedur (MP), dan Instruksi Kerja (IK). Unit Jaminan Mutu (UJM) PSPDS-1 IKA FKUB baru dibentuk pada Rapat Bagian bulan Juni 2013. Tugas pokok dan fungsi penjaminan mutu/UJM di tingkat program studi adalah : menetapkan kebijakan mutu, membuat manual prosedur,  menyusun instruksi kerja, sosialisasi SPM, melaksanakan audit internal dan peningkatan mutu yang berkelanjutan.

Upaya pengelolaan mutu pada PSPDS-1 IKA FKUB secara internal dilakukan dengan menempatkan dosen pengajar yang sesuai dengan bidang keahliannya dan berkualifikasi sesuai dengan yang disyaratkan. Pengelolaan mutu juga didukung seluruh dosen, tenaga aministrasi dan  PPDS-I IKA FKUB.

 Tugas Pokok dan Fungsi  UJM PSPDS I IKA FKUB

  1. Mengkoordinir penyusunan standar mutu yang dibuat oleh Program Studi;
  2. Melaksanakan pemantauan sistem penjaminan mutu Program Studi;
  3. Memantau, mengevaluasi, dan melakukan analisis terhadap tindak lanjut hasil pemantauan pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan kepatuhan pelaksanaan standar mutu akademik di Program Studi.
  4. Menyusun dan melaksanakan Manual Prosedur Monitoring dan Evaluasi terhadap Program Studi dalam penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis I IKA FKUB.
  5. Melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kurikulum dan proses belajar mengajar.

  Ketua UJM

  1. Membantu Ketua Program Studi (KPS) dalam implementasi penjaminan mutu akademik.
  2. Melaksanakan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh staf PSPDS I IKA FKUB.
  3. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas  UJM PSPDS I IKA FKUB dan melaporkannya kepada KPS.

 Sekretaris UJM

  1. Membantu Ketua  UJM PSPDS I IKA FKUB dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan berikut anggarannya.
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan administrasi yang berkaitan dengan dokumen mutu dan kegiatan  UJM PSPDS I IKA FKUB.
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan.
  4. Bertanggung jawab kepada Ketua  UJM PSPDS I IKA FKUB.

 Anggota Dosen

  1. Mengembangkan SPMI PSPDS I IKA FKUB dan implementasinya.
  2. Mengembangkan dokumen Audit Internal Mutu PSPDS I IKA FKUB.

 Anggota Mahasiswa

  1. Membantu terlaksananya tugas  UJM PSPDS I IKA FKUB
  2. Memberikan masukan kepada ketua  UJM PSPDS I IKA FKUB

 Anggota Tenaga Kependidikan

  1. Membantu terlaksananya tugas  UJM PSPDS I IKA FKUB

Setiap tahun direncanakan akan dilakukan audit internal oleh Gugus Jamiman Mutu Fakultas Kedokteran untuk mengevaluasi kepatuhan PS pada 7 standar BAN-PT dan ISO 9001:2008.

Sistem dokumentasi  dan tindak lanjut laporan pelaksanaan terekap dengan baik yang dilakukan oleh Kepala Bagian, KPS, SPS, UJM, Anggota Dosen, serta Tenaga kependidikan melalui Rapat Kerja untuk menentukan Rencana Tindak Lanjut.