Physycal Medicine and Rehabilitation

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Written on 2 July 2018 , by angga

Persyaratan Umum

  1. IPK Untuk Fakultas Kedokteran denganakreditasi A: IP SKed ≥2.75 dan IP Kumulatif (SKed dan Profesi) ≥2.75.Untuk FK dengan akreditasi B: IP SKed ≥3.00 dan IP Profesi ≥3.00.
  2. Umur Maximal 35 tahun (pada saat pendidikan dimulai).
  3. Surat Ijin Belajar/ Tugas Belajar dari Kepala Daerah (Bupati, Gubernur)/ Badan Kepegawaian/ Sekretaris Daerah Daerah bagi yang PNS/ PTT. Khusus TNI/ POLRI harus ada ijin dari Mabes dan surat perintah tugas belajar dari Ditjen Kuat-Han. Surat ijin dari Instansi/ Lembaga bagi yang bekerja di Instansi.
  4. Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi; Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan di atas materai untuk mandiri, surat keterangan sponshorsip/ surat keterangan pembiayaan dan instansi jika mahasiswa Tugas Belajar dari daerah/ kiriman instansi.
  5. Surat rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran.
  6. Foto copy STR/ bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedokteran Indonesia.
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

PELAKSANAAN PENERIMAAN/ SELEKSI

Setiap calon peserta PSPDS Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi diwajibkan mengikuti semua tahap seleksi (3 tahap), sebagai berikut:

a. Tahap I

  1. Seleksi administrasi.
  2. Penelitian dan penelusuran berkas dan syarat-syarat administrasi.

b. Tahap II.

  1. Tes Potensi Akademik dari OTO Bappenas dengan Nilai = 500.
  2. Tes Kesehatan Mental (Melalui Psikotest dan/ atau MMPI).
  3. Tes Kemampuan Verbal: Toefl ≥ 500.
  4. Tes Kesehatan Fisik (Tidak menderita penyakit yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain).

c. Tahap III

Tahapan ini dilakukan oleh tim penerimaan PSPDS Program Studi Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi FKUB/ RSSA.

  1. a. TesTulis Akademik Meliputi tes tertulis untuk menilai kemampuan kognitif dan kemampuan penalaran dari calon peserta dengan cara essay question. Materi yang diujikan adalah materi yang meliputi pengetahuan di bidang ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi.
  2. b. Tes Wawancara (Akademis, Minat, Kemampuan Bahasa Inggris, Dukungan Keluarga, Pendanaan Pendidikan, dan lain-lain).