Ilmu Penyakit Dalam

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 27 November 2016 , oleh angga

Data jumlah mahasiswa aktif tahun 2016-2018

Klik image untuk memperbesar

Jumlah Mahasiswa Aktif Tiga Tahun Terakhir

Program Studi Ilmu Penyakit Dalam FK UB memiliki jumlah mahasiswa aktif sebanyak 78 orang terhitung pada tahun 2016, kemudian pada tahun berikutnya sebanyak 71 orang PPDS Ilmu Penyakit Dalam pada tahun 2017, dan pada tahun 2018 hingga saat ini PS PDS IPD FKUB memiliki jumlah mahasiswa aktif sebanyak 87 orang. Jumlah mahasiswa aktif PD PDS IPD semakin meningkat dari tahun ke tahun karena besarnya minat pemdaftar dari tahun ke tahun dan jumlah kebutuhan dokter spesialis penyakit dalam yang meningkat setiap tahunnya.

Sebaran Lulusan sampai dengan tahun 2017

Klik image untuk memperbesar

Daftar Nama Alumni Program Studi Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Sejak tahun 1998 PS PDS IPD FKUB telah mencetak dokter spesialis penyakit dalam yang handal dan berkompeten di bidangnya sebanyak 146 dokter spesialis penyakit dalam terhitung hingga bulan September 2018. Para dokter spesialis penyakit dalam ini telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia untuk mengabdi dan mengamalkan ilmu serta kemampuannya kepada masyarakat maupun berpartisipasi dalam mendidik dokter-dokter yang berkompeten secara akademis maupun klinis.

Profil Lulusan peserta didik

Klik image untuk memperbesar

Profil kelulusan IPD tahun 2016 – 2018

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya berawal dari sebuah sekolah kedokteran swasta bernama Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) yang didirikan pada tanggal 14 September 1963. Namun kegiatan pendidikan kedokteran sudah dikenal 17 tahun sebelumnya di Malang. Sejak tanggal 1 Januari 1976 STKM telah mendapat predikat FK Negeri dan menjadi bagian dari Universitas Brawijaya Malang. Perkembangan pendidikan kedokteran di FK UB berjalan lebih maju dan hal ini terbukti dari penilaian akreditasi A, oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (surat No.003/BAN-PT/Ak-XI/S1/2008), dan selanjutnya sampai saat ini FK UB telah memiliki 16 Program studi (prodi) pendidikan dokter spesialis. Mulai tahun 1978 di mulailah upaya untuk mendirikan program studi dokter spesialis Bedah di FKUB dan melalui perjuangan yang tidak mengenal lelah dan penuh pengorbanan diresmikan PPDS I Bedah di FKUB/RSSA Malang, disusul oleh PPDS I yang salah satunya yaitu Program Studi Ilmu Penyakit Dalam dengan SK DIKTI No : 89/DIKTI/Kep/1998.

Sejak tahun 1998 hingga tahun 2018 ini program studi Pendidikan Dokter Spesialis ini telah meluluskan 35 angkatan lulus. Yang lulus dengan memuaskan serta kompeten yang siap bersaing di Nasional dan Internasional. Dari tahun-tahun kelulusan tersebut kita ambil contoh pada profil diatas, yaitu profil kelulusan pada tahun 2016 – 2018. Profil kelulusan pada tahun 2016 dengan jumlah peserta lulus sebanyak 18 orang dengan lama studi selama 10 tahun (9 semester), memiliki rata-rata IPK lebih dari 3,5, kemudian pada 2017 dengan jumlah kelulusan sebanyak 15 orang memiliki rata-rata IPK lebih dari 3,5 yang hasil itu didapatkan dengan lama studi selama 11 tahun (9 semester). Pada tahun 2018, prodi PS PDS IPD FKUB telah berhasil meluluskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam sebanyak 9 orang dengan lama program studi lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu 6 tahun (9 semester), meski jumlah semester yang ditempuh lebih singkat dari tahun-tahun sebelumnya keluaran hasil IPK yang diperoleh tidak kalah dengan jangka waktu studi yang lebih lama.

Data Mahasiswa Aktif tahun 2014-2016 dapat di download di link berikut :

Data mahasiswa aktif