Ilmu Penyakit Dalam

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 6 November 2015 , oleh angga

Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mendapatkan pembinaan dan visitasi oleh Bapak angkat dari Bagian ilmu Penyakit Dalam FK Unair Surabaya yang dilakukan sejak tahun 1980.

Setelah dilakukan visitasi, pada tahun 1994 Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dipercaya sebagai Pusat Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan memulai pendidikan pendahuluan dan melakukan perbaikan-perbaikan pada SDM terkait.

Setelah melakukan perbaikan-perbaikan SDM, administrasi dan pengembangan sarana dan prasarana, akhirnya pada tahun 1997 Bagian ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dapat memulai pendidikan secara penuh.

Kemudian pada tahun 1998 DIKTI mengeluarkan Surat Keputusan mengenai Pembentukan Program Studi Ilmu Penyakit Dalam Pendidikan Dokter Spesialis  I Fakultas Kedokteran Univesitas Brawijaya, dengan nomor: 89/DIKTI/Kep/1998.

Pada tahun 2011, tepatnya tanggal 29 November 2011 Dikti mengeluarkan Surat Perpanjangan Ijin Program Studi Ilmu Penyakit Dalam Jenjang Sp-I di Universitas Brawijaya dengan nomor : 9660/D/T/K-N/2011.

Pada tanggal 15 – 16 Desember 2011, Kolegium IPD melakukan akreditasi pada prodi IPD FKUB dengan mendatangkan asesor dari FK UI dan FK UGM dan mendapatkan nilai akreditasi A.