Orthopaedi dan Traumatologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 31 May 2019 , oleh ppds.ortho , pada kategori Berita

Buku Pemeriksaan Orthopedi pada Bayi Baru Lahir

Satu lagi kabar bahagia yang datang dari Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, RS. Saiful Anwar Malang yaitu sebuah karya tulis yang di ciptakan oleh Prof. Dr. dr. Respati Suryanto Sradjat, SpOT (K) dan Dr. dr. Edi Mustamsir, SpOT (K) berupa buku ajar dengan judul “Pemeriksaan Orthopaedi pada Bayi Baru Lahir.”

Berlatarbelakang dalam kegiatan Prof. Dr. dr. Respati Suryanto Sradjat, SpOT (K) dan Dr. dr. Edi Mustamsir, SpOT (K), yang merupakan pengajar klinik calon dokter dan dokter spesialis, mendapatkan pasien dengan kelainan kongenital orthopedi yang dikonsulkan ke rumah sakit yang jumlahnya cukup siginifikan. Namnu ketika pasien datang sudah pada usia anak dan remaja. Tentunya ini sangat merugikan bagi anak tersebut dan orangtua, karena kelainan ini menjadi lebih sulit dalam penatalaksanaannya, dengan keberhasilan yang tidak maksimal, serta biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih besar.

COVER pemeriksaan ortopedi pada bayi baru lahir 1_page-0001

Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan untuk memeriksa bayi baru lahir menjadi hal penting, untuk diajarkan kepada peserta didik yang sering berhubungan dengan bayi baru lahir. Penulisan buku tentang pemeriksaan orthopedi pada bayi baru lahir dapat menjadi salah satu upaya mengatasi masalah keterlambatan deteksi dan penanganan melalui pendidikan. Buku ini merupakan buku ajar yang memaparkan kelainan kongenital yang bisa dideteksi pada saat bayi baru lahir, ditujukan bagi mahasiswa, dokter, bidan, perawat atau mereka yang dalam kegiatannya atau pekerjaanya berhubungan dengan bayi baru lahir. Buku ini terdiri dari lima Bab.

Bab I berisi gambaran umum tentang kelainan kongenital, mencakup penyebab, dan jenis kelainannya. Bab II menguraikan tentang cara memeriksa secara menyeluruh, diawali dengan tanda-tanda yang mudah terlihat, yang mengarah adanya kelainan tersebut. Uraian tentang kelainan tersebut ditulis berdasarkan pembagian regio tubuh manusia, diuraikan dalam Bab III – VII. Pembahasan dimulai dengan uraian presenting symptom yang spesifik sebagai petunjuk awal adanya kelainan tersebut, dilanjutkan dengan uraian tanda-tanda klinik, dan cara pemeriksaan yang spesifik, serta pemeriksaan penunjang diagnosa yang diperlukan. Pada setiap kelainan kongenital dijelaskan patologi dan patofisiologi yang mendasari kelainan tersebut. Bab III – VII menguraikan kelainan kongenital berdasarkan regio tubuh dimulai dari leher, bahu dan extremitas atas, extremitas bawah, punggung, dan kelainan bawaan sistemik. Ilustrasi yang berupa gambar kasus di buku ini untuk melengkapi uraian adalah kasus-kasus yang didapatkan penulis selama ini, yang umumnya kasus-kasus tersebut sudah bukan bayi baru lahir lagi. Melalui buku ini diharapkan deteksi dini kelainan kongenital pada bayi baru lahir, dapat menjadi perhatian banyak kalangan dokter dan profesi lain yang sering berhubungan dengan bayi baru lahir.

Buku yang diterbitkan oleh Sagung Seto ini sudah bisa dipesan setelah tanggal 10 Juni 2019 melalui website sagungseto.co.id atau bisa di cek pada laman Instagram Sagung Seto yaitu https://www.instagram.com/sagungseto/?hl=id . Serta buku Pemeriksaan Orthopedi pada Bayi Baru Lahir ini sudah memiliki hak cipta dengan nomor ciptaan 000143076 atau bisa di cek melalui

https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/c?code=3fzH6%2Bj2dRf0wpUHq8dxy1ipYX2ktI3AkcRWvV%2BhAdU%3D