Orthopaedi dan Traumatologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 17 July 2019 , oleh ppds.ortho , pada kategori Berita

Semakin Cepat Diketahui, Semakin Cepat Tindakan

yang Diperlukan Untuk Penyembuhannya

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya/RS. Saiful Anwar Malang yang rutin dilaksanakan setiap bulan yaitu talkshow di salah satu radio Kota Malang, 95.4 Kosmonita.

talkshow (2)

Pada kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Juli 2019, mengangkat tema Musculoskeletal dengan sub tema mengenai kanker tulang. Tentunya salah satu pakar dalam bidang tersebut adalah Dr. Satria Pandu Persada Isma, SpOT (K) yang meberikan penjelasan serta menjawab pertanyaan dari pendengar. Waktu berlangsung kegiatan tersebut adalah satu jam dengan 3 kali segment.

Pada segment pertama, Dr. Satria Pandu Persada Isma, SpOT (K) menerangkan bagaiman dan seperti apa ciri-ciri serta gejala yang yang timbul pada penderita kanker tulang. Ternyata gejala yang paling sering timbul diawal yaitu nyeri, “Kebanyakan orang menyepelekan “nyeri” padahal apabila nyeri tersebut berkelanjutan harus dibawa ke klinik atau konsultasikan ke Dokter, karena semakin cepat diketahui penyebabnya akan semakin cepat pula tindakan yang diperlukan untuk penyembuhannya,” paparnya.

WhatsApp Image 2019-07-11 at 17.09.04

Perlu diketahui, nyeri tulang pada orang dewasa terkadang disalahartikan sebagai radang sendi. Sedangkan pada anak-anak dan remaja, terkadang dianggap sebagai efek samping pertumbuhan tulang. Oleh sebab itu Dr. Satria Pandu Persada I, SpOT menganjurkan untuk segera kontrol periksakan ke dokter apabila merasakan nyeri tulang yang hilang dan timbul, serta memburuk di malam hari, dan tidak membaik meski telah mengonsumsi obat pereda nyeri

Beliau juga menjelaskan bahwa terdapat sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tulang, yaitu :

  • Menderita kelainan genetik yang disebut sindrom Li-Fraumeni.
  • Pernah menjalani pengobatan dengan radioterapi.
  • Pernah menderita kanker mata yang disebut retinoblastoma, sewaktu kecil.
  • Pernah menderita hernia umbilikalis,
  • Menderita penyakit Paget, yaitu suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah.

Oleh sebab itu, beliau menjelaskan bahwa kontrol itu perlu. Apabila cepat diketahui dari awal maka penanganannya akan semakin cepat. Apalagi di Kota Malang sendiri sekarang sudah lengkap dalam pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan tumor/kanker. Untuk warga Kota Malang yang ingin kontrol dan melakukan pemeriksaan bisa langsung data ke RS. Saiful Anwar Malang di Poli Orthopaedi & Traumotologi pada jam kerja yaitu 07.00-16.00

WhatsApp Image 2019-07-11 at 17.09.06