Orthopaedi dan Traumatologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 12 April 2019 , oleh ppds.ortho , pada kategori Berita

Pengabdian Masyarakat, Orthopaedi & Traumatologi FKUB 2019

1

Pengabdian Masyarakat “Penyuluhan Osteoporosis” yang diselenggarakan oleh divisi Orthopaedi dan Traumatologi, RSSA, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada tanggal 22 dan 23 Februari 2019 telah selesai dilaksanakan. Salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan penting yang di rancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa. Program studi Orthopaedi & Traumatologi FKUB sudah melakukan program tersebut secara berkesinambungan dan akan dilaksanakan setiap tahun.
Pengabdian Masyarakat 2019 kali ini dibagi di 3 tempat yaitu
1. Yayasan Al Ishlah
2. Griya Kasih Siloam
3. Panti Werdha Pangesti

24

Adapun waktu pelaksanaan terdiri dari 4 fase berkala dengan rentang tiap fase 6 bulan hingga 1 tahun. Fase-fase tersebut ialah:

1. Edukasi atau penyuluhan yang membahas tentang
Pengertian osteoporosis, tanda dan gejala osteoporosis, pencegahan osteoporosis, edukasi mengenai lifestyle kepada warga lansia dan edukasi mengenai pengawasan dan perawatan lansia pada caregiver
2. Screening atau deteksi
3. Pengobatan gratis
4. Evaluasi
Semoga dengan diadakannya Pengabdian Masyarakat yang kontinyu ini, dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat pada umumnya dan para lansia pada khususnya.