JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA PS PDS I
FAKULTA S KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA
PERIODE Januari 2023 & Juli 2023
I. JADWAL SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK PS PDS JALUR REGULER DAN PROGRAM PENERIMAAN UTUSAN KHUSUS
Seleksi untuk Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis diselenggarakan 2 kali dalam satu tahun akademik dilakukan serempak untuk program regular dan program penerimaan utusan khusus (PPUK), periode pendaftaran adalah sebagai berikut:
1. Periode Januari 2023
-
- Pendaftaran diselenggarakan mulai 1 Juli s/d 15 Agustus 2022
- Tes Seleksi dilaksanakan pada bulan September 2022
- Kegiatan Pra Pendidikan Dilaksanakan Bulan Oktober – Desember 2022
- Mulai Pendidikan Bulan Januari
2. Periode Juli 2023
-
- Pendaftaran diselenggarakan pada mulai 1 Desember 2022 dan 31 Januari 2023
- Tes Seleksi dilaksanakan pada bulan Maret 2023
- Kegiatan Pra Pendidikan Dilaksanakan Bulan Mei – Juni 2023
- Mulai Pendidikan Bulan Juli 2023
3. Periode penerimaan sebagaimana disebutkan diatas bisa di tunda selama satu semester jika peserta PPUK mengikuti Program Pembimbingan Khsusus (PPK).
II. JALUR PENERIMAAN
- Jalur Reguler adalah Jalur seleksi melalui Tes dengan mengutamakan kemampuan akademis yang baik, kesehatan fisik dan mental yang baik, serta memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik.
- Jalur Program Penerimaan Utusan Khusus selanjutnya disingkat PPUK adalah penerimaan calon peserta didik utusan Instansi Pemerintah pada Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis.
III. TAHAPAN & PROSES SELEKSI
Proses Pendaftaran dan Seleksi dilaksanakan serempak baik jalur regular maupun PPUK dengan prosedur sebagai berikut :
- Calon peserta login pada https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
- Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
- Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
- Pendaftar memilih Seleksi Kedokteran Spesialis, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
- Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id. Jika ada permasalahan terkait pembayaran atau proses pendaftaran silahkan menghubungi ke haloselma.ub.ac.id
- Pertanyan terkait Persyaratan penerimaan silahkan menghubungi Hotline HP 081232887877, telepon (0341) 335 222 atau email ke tkpppds.fk@ub.ac.id.
- Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN (13 digit);
- Biaya pendaftaran sebesar 500.000 (lima ratus ribu rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
- Proses pembayaran hanya dapat dilakukan pada jadwal pendaftaran saja. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Harap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
A. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
B. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
C. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
PERSYARATAN UMUM
- Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
- Melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi data-data dan dokumen yang diperlukan melalui https://admisi.ub.ac.id
- Peserta yang lolos pemberkasan dan jadwal Tes Tahap II akan diumumkan di website ppds.fk.ub.ac.id pada pertengahan Februari untuk periode Juli dan pertengahan Agustus untuk periode Januari.
- Mengikuti Tes Tahap II (TOEFL, TPA, Tes Kesehatan dan Tes Psikologi-Psikiatri),
- Perserta Peserta yang lolos Tes Tahap II dan jadwal Tes Tahap III akan diumumkan pada website ppds.fk.ub.ac.id.
- Mengikuti Tes Tahap III (Tes Tulis dan Wawancara) di masing-masing program studi.
- Pengumuman peserta yang diterima dan proses daftar ulang dilihat di website ppds.fk.ub.ac.id dan SELMAPeserta PPUK yang wajib mengikuti PPK, akan mendapat materi berupa:
- Materi umum :
- kemampuan bahasa Inggris;
- psikologi psikiatri; dan
- komunikasi.
Materi khusus meliputi bimbingan pengembangan pengetahuan dan ketrampilan khusus sesuai program studi/peminatan.
- PPK dilaksanakan pada Desember s/d Maret untuk Periode Januari, Juni s/d Sept untuk Periode Juli
NO | KEGIATAN | WAKTU PELAKSANAAN |
1 | Pendaftaran Online Dan Pengumpulan Berkas | 1 Juni – 15 Agustus 2022 |
2 | Pengumuman Seleksi Administratif | 16 September 2022 |
3 | Seleksi Tahap II (Tes Kesehatan, TOEFL, TPA, MMPI) | 19 September – 21 Oktober 2022 |
4 | Pengumuman Seleksi Tahap II | 29 Oktober 2022 |
5 | Seleksi Tahap III (Tes Tulis dan Wawancara) | 7 – 18 November 2022 |
6 | Pengumuman Seleksi Tahap III | 25 November 2022 |
7 | Kegiatan Pra Pendidikan | 2 Januari – 28 Februari 2023 |
8 | Kegiatan di masing-masing Program Studi | 2 Januari 2023 |
1.2. PERSYARATAN KHUSUS
Patologi Anatomik (PA)
- Tidak menderita buta warna meskipun parsial.
- Rekomendasi 2 Staf Dosen /Senior Dokter Spesialis PA di tempat pendidikan dokter umum atau Senior Spesialis PA tempat akan bekerja nantinya.
- Hanya diperbolehkan maksimal dua kali mendaftar pada PS Patologi Anatomi di seluruh Indonesia.
- Menyertakan surat penolakan bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima, atau surat pernyataan sudah pernah atau tidak pernah mendaftar PPDS di PS apapun di seluruh Indonesia. Pernyataan-Pernah-mengikuti-Seleksi
- Melampirkan Surat Tanda Selesai Internship (STSI).
- Membuat pernyataan kembali ke Intansi pengusul jika PNS/Ikatan Dinas.
- Larangan Cuti bagi PPDS pada 1 semester pertama.
- Nilai Tambah Patologi Anatomi Sertifikat kegiatan ilmiah/bukti karya ilmiah bidang Patologi Anatomi.