Tugas & Fungsi

TUGAS

Program Studi Patologi Anatomi memiliki tugas menghasilkan lulusan di bidang Patologi Anatomi yang setelah menyelesaikan  pendidikan diharapkan memiliki kompetensi. Capaian pembelajaran program studi Patologi Anatomik bersifat spesifik terhadap mata kuliah, mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan umum dan khusus yang dirumuskan berdasarkan SN DIKTI dan deskriptor  KKNI sesuai dengan jenjangnya  sebagai berikut :

Kompetensi 1 : Etika dan profesionalitas luhur di bidang   Patologi Anatomik

Mampu melaksanakan praktik   Patologi Anatomik secara  profesional dan beretika sesuai dengan nilai dan prinsip menjunjung tinggi kebenaran ilmiah berdasarkan keilmuan yang tertinggi.

Kompetensi 2 : Mawas diri dan pengembangan diri dengan cara belajar sepanjang hayat

Mampu melakukan praktik Patologi Anatomik dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, senantiasa mengembangkan diri, mengikuti penyegaran dan peningkatan pengetahuan secara berkesinambungan, menjadi manusia pembelajar dari berbagai suasana dan lingkungan kerja/pengabdian serta mengembangkan pengetahuan demi pencapaian pembuktian ilmiah tertinggi dalam proses penegakan diagnosis.

Kompetensi 3 : Komunikasi efektif dan kemampuan bekerja sama

Mampu berkomunikasi dengan baik serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengumpulkan, mendiskusikan, dan menyampaikan informasi baik terkait kepentingan diagnosis, karier, profesi, manajemen rumah sakit dan sebagainya dengan cara yang tepat, santun, dan berhati-hati demi keharmonisan kerja sama.

Kompetensi 4 : Riset, pengelolaan informasi dan kedokteran berbasis bukti di bidang   Patologi Anatomik

Mampu berpikir kritis dalam mengidentifikasi masalah serta memeroleh, memilah dan menganalisis informasi untuk memecahkan masalah kesehatan/kedokteran terutama di bidang   Patologi Anatomik.

Kompetensi 5 : Landasan ilmiah ilmu kedokteran dan laboratorium Patologi Anatomik

Mampu memadukan dan mengaplikasikan pengetahuan di bidang ilmu biomedik dasar, ilmu pengetahuan klinis kedokteran dan ilmu laboratorium kedokteran dalam melaksanakan praktik sehari-hari di bidang   Patologi Anatomik.

 

Kompetensi 6 : Keterampilan klinis di bidang Patologi Anatomik

Mampu berperan sebagai narasumber mitra klinis (the doctor’s doctor) dalam pelayanan pasien yang komprehensif untuk penegakkan diagnosis yang paripurna.

Kompetensi 7 : Pengelolaan masalah kesehatan

Mampu berpartisipasi secara aktif dalam tim multidisiplin untuk membahas masalah kesehatan serta menemukan solusi berbagai masalah kesehatan.

 

FUNGSI

Program Studi Patologi Anatomi berfungsi menghasilkan Dokter Spesialis Patologi Anatomi yang mempunyai kemampuan akademik dan etika keilmuan sesuai standar kompetensi, menjunjung tinggi etika kedokteran dan profesi, berkualitas sebagai seorang profesional dalam pemecahan masalah klinik serta mampu meningkatkan  dan mengembangkan ilmunya secara konsisten.