Keunggulan Program Studi

Keunggulan PS PDS PA FKUB

  1. Penyelenggaraan pendidikan PS PDS  PA FKUB menggunakan metode pembelajaran berdasarkan outcome based education dengan suasana akademik yang sangat kondusif dan materi pendidikan yang sesuai dengan standar kolegium Patologi Indonesia dengan pelaksanaan yang memadukan teori dan praktek di lapangan dengan memperhatikan aspek legalitas sehingga alumni mempunyai kemampuan teoritis, empirik, dan profesional.
  2. Prodi PDS PA FKUB  memiliki struktur organisasi, tata pamong, kepemimpinan dan sistem pengelolaan prodi dan unit jaminan mutu yang transparan, profesional dan akuntabel.
  3. Rumah Sakit Umum dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang sebagai rumah sakit pendidikan utama memiliki jumlah kasus yang banyak dari berbagai organ dan berbagai jenis teknik pemeriksaan sesuai standar kolegium Patologi Indonesia yang dapat memperkaya kompetensi peserta didik sebagai Spesialis Patologi Anatomi. Pada tahun 2016 kasus yang dimiliki oleh RSSA  adalah 5850 kasus  pemeriksaan histopatologi, 2424 kasus pemeriksaan biopsi jarum halus (FNAB), 2368 kasus pemeriksaan sitologi non aspirasi, 247 kasus pemeriksaan potong beku (Frozen Section), 1128 kasus pemeriksaan imunohistokimia dan imunositokimia, serta 26 kasus otopsi.
  4. Kekhasan dari PS PDS PA FKUB adalah terdapat berbagai tim multidisiplin Clinico-pathological conference CPC/diskusi multidisiplin dan kerjasama intra- dan interprofesional yang secara rutin melakukan diskusi terkait dengan penegakan diagnosis dan tata laksana dari berbagai kasus yang diterima.
  5. PS PDS PA FKUB juga menjadi salah satu tempat rujukan pendidikan ketrampilan Pemeriksaan Fine Needle Aspiration Biopsy(FNAB) yang diminati oleh prodi selain PA dan prodi PA universitas lain sehingga mengirimkan peserta didiknya ke PS PDS PA FKUB untuk belajar ketrampilan FNAB. Jumlah kasus yang banyak (2424 kasus pada tahun 2016), dilakukannya berbagai teknik FNAB pada tumor di permukaan maupun dengan tuntunan USG atau CT scan, FNAB dengan pewarnaan Diff Quik dan pewarnaan HE, FNAB dengan pewarnaan imunositokimia, dan FNAB yang disertai pembuatan cell block cukup menarik minat.
  6. Rumah Sakit Umum dr Saiful Anwar Malang sebagai tempat pendidikan utama juga menjadi rujukan pemeriksaan imunohistokimia. Jumlah kasus imunohistokimia yang diperiksa meningkat setiap tahunnya dan mencapai 1128 kasus pada tahun 2016, dengan jumlah antibodi yang terus ditingkatkan saat ini telah memiliki 54 antibodi imunohistokimia yang dapat dipergunakan untuk menegakkan diagnosis tumor, menentukan asal tumor primer, dan menentukan terapi maupun prognosis penderita.
  7. PS PDS PA FKUB menyediakan berbagai penunjang sarana dan prasarana pendidikan yang dapat dipergunakan oleh peserta didik meliputi, perpustakaan, e librarydot slide scan mikroskop, mikroskop yang terhubung kamera dan monitor, sarana praktikum pembuatan slide histopatologi, sitologi maupun imunohistokimia, museum gross, dan ruangan praktikum.