Pulmonologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 1 November 2017 , oleh pulmonologippds , pada kategori Berita

HARI COPD SEDUNIA

TAHUN  2017

copd day 2017

Slide1UBM

 

Tema                         : The Many Faces of COPD”.

Latar belakang        :

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau chronic obstructive pulmonary disease (COPD) telah menjadi masalah utama pada kesehatan masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Pada tahun 2002, PPOK merupakan penyebab kematian ke-5, diperkirakan akan meningkat menjadi ke-3 pada tahun 2030 dengan total peningkatan kematian 30% dalam 10 tahun. Meningkatnya kejadian PPOK dihubungkan dengan meningkatnya usia harapan hidup dan semakin tingginya pajanan faktor risiko, seperti faktor pejamu yang diduga berhubungan dengan kejadian PPOK, semakin banyaknya jumlah perokok khususnya pada kelompok usia muda, serta pencemaran udara di dalam ruangan, di luar ruangan, dan di tempat kerja.

Jumlah kematian akibat rokok terus meningkat dari 41,75% pada tahun 1995 menjadi 59,7% di 2007. Selain itu dalam survei ekonomi nasional 2006 disebutkan penduduk miskin menghabiskan 12,6% penghasilannya untuk konsumsi rokok. Pada penelitian di RSSA tahun 2014, didapatkan karakteristik pasien PPOK 96,7% adalah mantan perokok, sedangkan 3,3% masih aktif merokok.

Hari PPOK Sedunia adalah acara tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2002 atas Prakarsa Global Initiative for Chronic Obstructive Lung Disease (GOLD) yang diperingati pada setiap hari Rabu pada minggu kedua atau ketiga pada bulan November setiap tahunnya. Acara ini merupakan upaya global untuk memperluas pemahaman tentang penyakit PPOK dan menyediakan pelayanan yang lebih baik bagi pasien PPOK di seluruh dunia. Tema Hari PPOK Sedunia tahun 2017 ini adalah “The Many Faces of COPD”.

Dalam rangka memperingati hari PPOK sedunia tahun 2017, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Malang akan menggelar kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2017 di SMF Pulmonologi & Kedokteran Respirasi RSUD dr. Saiful Anwar Malang, 21 Oktober 2017 di Poliklinik Paru RSUD dr. Saiful Anwar Malang, dan tanggal 12 November 2017 di salah satu Puskesmas di Kota Malang.

 

Tujuan

-     Memeriahkan Hari COPD Sedunia tahun 2017 di Kota Malang.

-     Memberikan informasi mengenai upaya berhenti merokok (smoking cessation).

-     Sosialisasi dan penyuluhan mengenai penyakit akibat merokok dan upaya berhenti merokok pada masyarakat Malang pada umumnya dan kepada para perokok pada khususnya.

Manfaat

-     PPDS Pulmonologi RSSA dan spesialis Paru di kota Malang dapat ikut terlibat dalam edukasi kepada masyarakat tentang bahaya merokok; mengenali, mendiagnosis dan melakukan tatalaksana yang tepat untuk penyakit COPD termasuk upaya berhenti merokok.

-     Masyarakat dapat mengetahui tentang penyakit akibat merokok termasuk COPD yang meliputi penyebab, gejala dan tanda, diagnosis, pengobatan serta pencegahannya.

Sasaran

PPDS Pulmonologi RSSA, spesialis Pulmonologi di kota Malang (anggota PDPI Cabang Malang), masyarakat umum yang berusia diatas 40 tahun dan perokok atau yang memiliki risiko menderita COPD.

Waktu dan Tempat

-       Hari Sabtu-Minggu, tanggal 7-8 Oktober 2017 pukul 09.00 – 15.00 WIB bertempat di Ruang Bronkhioli SMF Pulmonologi & Kedokteran Respirasi dan Poliklinik Paru RSUD dr. Saiful Anwar Malang.

-       Hari Rabu, tanggal 25 Oktober 2017 pukul 07.00 – 09.00 WIB bertempat di Poliklinik Paru RSUD dr. Saiful Anwar Malang.

-       Hari Sabtu, tanggal 18 November 2017 pukul 06.00 – 12.00 WIB bertempat di salah satu Puskesmas di Malang.