Pulmonologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 15 June 2015 , oleh angga

Sebagai garis depan dalam mendidik dokter superior di Indonesia, fakultas kedokteran Universitas Brawijaya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi kesehatan dunia. Salah satu peran penting adalah mendidik spesialis. Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) fakultas kedokteran Universitas Brawijaya bertujuan untuk menghasilkan atasan dokter yang memiliki keterampilan dan pengetahuan dengan mengutamakan etika kedokteran dalam menjalankan profesinya. Selain itu, PPDS diarahkan untuk terus mengembangkan kapasitas ilmiah untuk melakukan penelitian. Hasil penelitian telah dipublikasikan di berbagai jurnal kedokteran, yang merupakan kontribusi sangat berharga dalam pengembangan pengetahuan di masing-masing bidang

Pendidikan untuk PPDS fakultas kedokteran Universitas Brawijaya menggunakan konsep pembelajaran aktif dengan tekanan dalam pelatihan profesional di bidangnya masing-masing melalui kerja praktek di sebuah rumah sakit pengajaran yang besar dan jaringan intensif dengan bimbingan seorang supervisor / fakultas. PPDS terpapar berbagai kasus, baik melalui pasien darurat, rawat inap, maupun rawat jalan agar memiliki keterampilan dalam pengelolaan pasien.

Pendalaman pengetahuan sebagai dasar untuk mendukung klinik keterampilan ilmiah diberikan secara terstruktur dan terjadwal melalui berbagai kegiatan seperti perkuliahan, presentasi kasus, review literatur, pembacaan jurnal, pembacaan buku teks dan laporan kasus.

Rumah sakit pengajaran untuk PPDS FKUB adalah pusat pengetahuan di bidangnya masing-masing, misalnya Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar yang merupakan rumah sakit provinsi dan Rumah Sakit Paru Batu. Selain itu, setiap departemen PPDS memiliki perpustakaan untuk ruang kuliah audiovisual, fasilitas Wi-Fi, dan ruang diskusi. Semua fasilitas ini merupakan faktor penunjang yang sangat signifikan untuk pencapaian kompetensi.

Dengan pengalaman dan kapasitas pendukung yang memadai, FKUB yakin akan mampu menghadirkan para spesialis yang siap bersaing di era globalisasi. Sejarah telah terbukti, dan sejarah akan dilanjutkan dan diabadikan oleh generasi penerus. Apakah kamu siap untuk bergabung?

Program ini merupakan pendidikan akademis profesional dengan lulusan yang mendapatkan gelar Spesialis Dokter-1.

Program ini menggunakan kurikulum yang mengacu pada Standar Pendidikan Dokter Spesialis Indonesia yang ditugaskan oleh Indonesian Medical Council

Buku katalog dirancang untuk menggambarkan pelaksanaan proses pendidikan sesuai standar pendidikan, termasuk konten, proses, kompetensi lulusan, staf, fasilitas dan infrastruktur, manajemen, pembiayaan, dan evaluasi proses pendidikan.

Pembentukan Program Studi Pulmonologi dan Pernapasan pada Program Pendidikan Dokter Spesialis I (PPDS I) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang disahkan dengan dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 255 / DIKTI / Kep / 1998 tgl 30 Juli 1998

No Periode Ketua Program Studi
1 1998-2000 dr. Abiyoso Suyoso, SpP(K)
2 2004-2000 dr. Nunuk Sri Muktiati, SpP(K)
3 2008-2012 dr. Teguh Rahayu Sartono, SpP(K)
4 2012-2016 dr. Nunuk Sri Muktiati, SpP(K)
5 2016-2020 Dr.dr. Susanthy Djajalaksana, SpP(K)