Pulmonologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 15 June 2015 , oleh dini

Pelaksanaan tinjauan manajemen dimulai dengan pengumpulan data terkait program di PS PDS I Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi RSSA-FKUB yang dimulai sejak tanggal 18 November 2016. Masing-masing divisi diberi waktu membahas capaian sasaran mutu masing-masing. Hasil pembahasan tersebut disertai dengan uraian hambatan, koreksi dan pencegahan terobosan baru yang dilakukan dalam pelaksanaan program-programnya. Hasil pembahasan tersebut disampaikan KPS dan SPS, untuk dilakukan kompilasi dan analisis efektif dan efisiensi sistem.

Hasil evaluasi manajemen PS PDS I Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi RSSA-FKUB Tahun 2016 berikut ini disajikan sesuai urutan lingkup bahasan tinjauan manajemen (lihat Bab II).

PS PDS I Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi RSSA-FKUB dimonitoring dan dievaluasi oleh Unit Jaminan Mutu Fakultas Kedokteran dengan audit internal (AIM UKPPA Siklus 14 Tahun 2015). AIM UKPPA Siklus 14 Tahun 2015 dilaksanakan pada Rabu, tanggal 24 November 2015. Auditor internal yang bertugas mengaudit PS PDS I Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi RSSA-FKUB adalah dr. Arif widiatmoko, SpKK sebagai ketua auditor dan dr. Ahmad Dian SpTHT-KL sebagai anggota auditor.

Temuan yang terdapat pada AIM UKPPA Siklus 13 Tahun 2014 sebagai masukan untuk PS PDS I untuk memperbaiki dengan beberapa upaya tindak lanjut seperti Melengkapi wibsite dengan pilihan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia(bilingual), menambahkan bagan organisasi dalam website, mengisi menu prestasi, menampilkan profil mahasiswa dalam bentuk grafik dan menambah informasi pendaftaran, mengkonfirmasii kalender akademik, mengkonfirmasi jadwal kuliah, menambahkan informasi terkait prosedur-prosedur yang berkaitan dengan mahasiswa, mencantumkan data lulusan dalam bentuk grafik, menyusun informasi profil  laboratoriu yang berkaitan dengan kurikulum PS, melengkapi menu informasi penelitian/pengabdian masyarakat, melengkapi profil kerjasama, mencantumkan foto-foto kegiatan, melengkapi menu informasi beasiswa, melengkapi menu alumni, melengkapi menu organisasi, melengkapi menu sistem dokumen penjamin mutu, melengkapi menu mekanisme audit yang masih kosong dan melengkapi mekanisme tinjauan manajemen.  Pada saat AIM UKPPA Siklus 14 Tahun 2015, 18 temuan pada implementasi  standar wibesite sudah diperbaiki dengan status akhir close.