Pulmonologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 5 August 2015 , oleh pulmonologippds , pada kategori Agenda Kegiatan, Pengumuman, Berita

TB DAY 2015

Latar Belakang

Kesehatan merupakan salah satu tujuan program kesehatan nasional dimana Dokter  merupakan ujung tombak bagi pelayanan kesehatan masyarakat. Peran dan tugas Dokter sebagai tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan preventif dan kuratif sangatlah penting, termasuk di dalamnya penemuan dini dan penatalaksanaan penyakit Tuberkulosis (TB)  yang tepat untuk meningkatkan kesembuhan dan mencegah terjadinya Tuberkulosis Multi Drug Resistent (TB MDR).

Sejak tahun 1993, WHO menyatakan bahwa TB merupakan kedaruratan global bagi kemanusiaan. Walaupun strategi DOTS telah terbukti sangat efektif untuk pengendalian TB, tetapi beban penyakit TB di masyarakat masih sangat tinggi. Dengan berbagai kemajuan yang dicapai sejak tahun 2003, diperkirakan masih terdapat sekitar 9,5 juta kasus baru TB, tetapi 3 juta kasus tidak terdiagnosis, tidak diobati, atau terdiagnosis tetapi tidak dimasukkan pada program TB nasional (NTP) dan sekitar 0,5 juta orang meninggal akibat TB di seluruh dunia (WHO, 2009). Sehingga diperlukan upaya besar untuk menutup kesenjangan ini. Selain itu, pengendalian TB mendapat tantangan baru seperti ko-infeksi TB/HIV, TB yang resisten obat dan tantangan lainnya dengan tingkat kompleksitas yang makin tinggi. Menurut WHO Global Report 2011 kejadian TB di dunia, Indonesia saat ini berada di urutan ke 4.

Hal ini tentu memerlukan perhatian yang serius dari semua pihak termasuk dokter sebagai tenaga kesehatan yang akan menjadi ujung tombak

dalam penemuan dan penatalaksanaan pasien TB baik di layanan kesehatan pemerintah maupun di sektor swasta.

Kami, Program Studi Ilmu Penyakit Paru dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang bersama dengan organisasi profesi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) cabang Malang, bermaksud mengadakan seminar kesehatan bagi dokter-dokter praktek di wilayah Kota Malang, dengan topik penatalaksanaan TB anak dan dewasa serta penanganan efek samping oral anti tuberkulosis (OAT) untuk mencegah putus obat.

Peringatan Hari TB Sedunia pertama diadakan oleh WHO dan Kerajaan Belanda Tuberculosis Foundation tahun 1995 di Den Haag, Belanda. Hari TB Sedunia adalah even tahunan setiap tanggal 24 Maret yang diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum tentang penyakit epidemi tuberkulosis serta mendapatkan upaya untuk memberantas penyakit TB. Hari TB Sedunia tanggal 24 Maret 2015 melanjutkan tema tahun  2014 – Reach the 3 Million (Mencapai 3 Juta). Sub-tema dan pesan untuk tahun ini “Reach, Treat, Cure Everyone” (“Temukan, Terapi, Sembuhkan Setiap Orang”). Hari TB Sedunia 2015, mengkampanyekan agar pemerintah, departemen kesehatan dan profesional kesehatan terus menyerukan upaya global untuk menemukan, mengobati dan menyembuhkan TB dan mempercepat menuju tujuan mengakhiri TB pada tahun 2035.

Kegiatan ini kami adakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dokter-dokter praktek di wilayah Kota Malang tentang perkembangan tata laksana TB anak dan dewasa serta penanganan efek samping OAT yang tepat untuk mencegah putus obat. Untuk itu kami memohon bantuan dana untuk mendukung kegiatan kami  ini.

Tujuan

Proposal ini dibuat dengan tujuan untuk memohon bantuan dana dalam rangka mendukung seminar tentang Penatalaksanaan TB anak dan dewasa serta penanganan efek samping OAT yang tepat untuk mencegah putus obat.

Bentuk Kegiatan

Seminar sehari untuk dokter umum

Sasaran

Dokter umum puskesmas dan praktek swasta

Peserta

200 orang (terbatas)

Biaya

Untuk peserta tidak dipungut biaya (gratis)

Fasilitas

Seminar kit, snack, dan sertifikat berSKP

Waktu dan tempat

Waktu: Sabtu, 28 Maret 2015; pkl.09.00 – selesai

Tempat: Ruang Majapahit (lantai 3), RSUD. Saiful Anwar Malang

Keterkaitan

Institusi yang terkait : Program Studi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, dan Ikatan Dokter Indonesia

Sekretariat Panitia

Program Studi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya RS Dr. Saiful Anwar Malang Jl. J A Soeprapto No. 2 Malang Telp/fax. (0341) 347110 email. parumalang@yahoo.co.id contact person : Rini, Elly