Radiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 15 Januari 2014 , oleh angga

Pola Penerimaan Maba

1. Penyelengaraan dan kelancaran proses praseleksi calon peserta PPDS I pada tingkat fakultas dilaksanakan oleh TKP PPDS I FKUB atau   Jurusan Pendidikan Profesi Dokter FKUB misalnya :

Kelengkapan administrasi :

  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Kesehatan
  • Tes MMPI
  • Tes Bahasa Inggris (Toefl)
  • Tes Tulis dan Tes Wawancara (dilakukan di setiap Prodi)
  • Rapat Kompilasi dan Pengumuman Hasil Tes Seleksi Calon PPDS bersama seluruh KPS dan Pimpinan Fakultas Kedokteran

2. Koordinasi seleksi peserta tingkat program studi dan melaporkan hasil seleksi pada pimpinan fakultas

3. Pelaksanaan aktivitas kependidikan bersama antar program studi atau matrikulasi seperti :

  • Orientasi tatalaksana RS Pendidikan
  • Orientasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
  • Metode penelitian
  • MKDU, Kuliah bersama seluruh peserta program FKUB

Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran

Program Pendidikan dr Spesialis I Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya RSU Dr. Saiful Anwar Malang dibuka untuk umum baik Peserta dari Instansi Pemerintah ( DepKes, Depdiknas,TNI/POLRI ) Instansi Swasta (BUMN, BHMN), Perorangan dengan status dokter-Pra/PascaPTT.

Adapun syarat dan Prosedur pendaftaran

Program Pendidikan dr Spesialis I Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya RSU Dr. Saiful Anwar Malang dibuka untuk umum baik Peserta dari Instansi Pemerintah ( DepKes, Depdiknas,TNI/POLRI ) Instansi Swasta (BUMN, BHMN), Perorangan dengan status dokter-Pra/PascaPTT.

1. Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan, bagi peserta perorangan dan atau dari Instansi pemerintah/wasta ditujukan kepada Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang (Downloadable)

2. Mengisi Formulir lamaran PPDS = 3 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di TKP-PPDS I FKUB) ditempel Pasfoto ukuran 4 x 6 = 3 lembar dan bertandatangan di Materai Rp. 6.000,- ( 3 exemplar )

3. – Untuk FK dengan akreditasi A : IP Kumulatif (SKed dan Profesi) = 2.75 dan IP SKed = 2.50

    – Untuk FK dengan akreditasi B : IP SKed = 2.75 dan IP Profesi = 3.00

4. Umur Maximal 35 tahun ( pada sa’at pendidikan di mulai )

5. Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir oleh FK asal kelulusan = 3 lembar.

6. Surat keterangan selesai PTT dari DEPKES dan Surat keterangan Penundaan PTT dari Dinkes Propinsi setem-pat (surat ijin untuk mengikuti seleksi PPDS bagi yang Pra PTT) = 3 lembar.

7. Surat ijin dari Instansi / Lembaga bagi yang bekerja

  • di Instansi / sedang PTT
  • Surat ijin dari Bupati / Wali Kota bagi PNS
  • Khusus TNI / POLRI harus ada ijin dari Mabes dan surat perintah tugas belajar dari Ditjen Kuathan

8. Surat Keterangan berbadan sehat dari dokter Pemerintah

9. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran

10. Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedokteran Indonesia

11. Menguasai Komputer (Ms. Office) yang dapat di buktikan dengan Sertifikat

12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

13. Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi di atas materai ?(Downloadable)

14. Melampirkan Sertifikat/karya Ilmiah yang Terkait dengan Pendidikan.

15. Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor ke rekening Bank BNI Cabang Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508 (FC Slip bukti pembayaran diserahkan ke Skretariat TKP PPDS I FKUB).

16. Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima, supaya melampirkan surat penolakannya. ?(Downloadable)

17. Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 3 set sesuai dengan warnanya masing-masing, dan dikirim ke Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

Syarat dan Prosedur pendaftaran calon peserta PPDS dari Departemen Kesehatan ( Depkes ) adalah sbb:

1. Surat ijin dari Departemen Kesehatan / Depkes.

2. Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan ditujukan kepada Sekretaris Jendral Departemen Kesehatan RI = 4 rangkap

3. Surat keputusan pengangkatan Calpeg.(foto copy di legelisir )

4. Surat keputusan kenaikan pangkat terakhir. ( foto copy di legelisir )

5. Surat bersedia ditempatkan sesuai dengan program Depkes setelah selesai pendidikan.

6. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) terakhir.

7. Foto copy Karpeg

8. Daftar riwayat hidup

9. Surat keterangan bebadan sehat dari dokter Pemerintah bagi suami, istri dan anak-anak yang bersangkutan

10. Mengisi Formulir lamaran PPDS = 4 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di TKP-PPDS I FKUB)

11. – Untuk FK dengan akreditasi A : IP Kumulatif (SKed dan Profesi) = 2.75 dan IP SKed = 2.50

     – Untuk FK dengan akreditasi B : IP SKed = 2.75 dan IP Profesi = 3.00

12. Umur Maximal 35 tahun ( pada sa’at pendidikan di mulai )

13. Pasfoto ukuran 4 x 6 = 4 lembar (ditempel diformulir)

14. Materai Rp. 6.000,- = 4 lembar (ditempel diformulir dan di-tanda tangani)

15. Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir oleh FK asal kelulusan = 4 lembar.

16. Surat tanda selesai PTT dari DEPKES C.Q. Kanwil Depkes bagi yang melalui PTT = 4 lembar.

17. Surat Ijin dari instansi / lembaga.

18. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran = 4 Lembar

19. Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedoktran Indonesia = 4 Lembbar

20. Menguasai Komputer (Ms. Office) yang dapat di buktikan dengan Sertifikat.

21. Melampirkan Sertifikat/karya Ilmiah yang Terkait dengan Pendidikan

22. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

23. Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor ke rekening Bank BNI Cabang Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508 (FC Slip bukti pem-bayaran diserahkan ke Skretariat TKP PPDS I FKUB).

24. Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima, supaya melampirkan surat penolakannya.

25. Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 4 set sesuai dengan warnanya masing-masing dan di kirim ke Sekretaris Jendral Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Persyaratan Tambahan :

RADIOLOGI

Surat Refrensi dari 2 Senior Radiologi tempat Pendidi-kan Dokter Umum = 3 Lembar

Toefl 450 / mempunyai kemampuan Bahasa Inggris

Mendapat Persertujuan dari Orangtua/Suami/Istri

NILAI TAMBAH RADIOLOGI

Karya Ilmiah

Penghargaan ( Kegiatan dibidang kesehatan)

Nilai baik untuk Radiologi

Ada Rekomendasi yang relevan berdasarkan prestasi

Jadwal Pendaftaran

- Pendidikan Periode Januari

Pendaftaran ditutup akhir bulan Juli (hari kerja kantor )

Pelaksanaan Ujian pada buln September (minggu ke1)

- Pendidikan Periode Juli

Pendaftaran ditutup akhir bulan Januari ( hari kerja kantor )

Pelaksanaan ujian pada bulan Maret (minggu ke1)