Radiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 16 January 2014 , oleh angga

Hasil Tinjauan Manjemen

Program Studi Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya selalu berkomitmen untuk memberikan peluang adanya koreksi terhadap proses dan pencegahan produk yang tidak sesuai. Oleh karena itu, tinjauan manajemen disusun dengan mempertimbangkan semua aspek yang terkait langsung dan tidak langsung terhadap efektifitas dan efisiensi sistem manajemen. Hasil dari tinjauan manajemen ini menjadi dasar perlunya perubahan sistem.

Tinjauan manajemen PS Radiologi FKUB dilakukan dalam beberapa tahapan. Secara umum, proses tinjauan manajemen FKUB adalah sebagai berikut:

  • Persiapan tinjauan manajemen. Diawali dengan penyusunan konsep teknis pelaksanaan tinjauan manajemen, terdiri dari jadwal, data yang diperlukan untuk bahan tinjauan manajemen dan pembagian tugas. Selanjutnya, rapat PS Radiologi FKUB akan memberikan koreksi dan persetujuan terhadap konsep pelaksanaan tinjauan manajemen.
  • Pelaksanaan tinjauan manajemen. Pengumpulan data terkait program PS Radiologi FKUB oleh masing-masing bidang dengan mengacu kepada sasaran mutu FKUB. Masing-masing bidang diberi waktu untuk membahas capaian sasaran mutu masing-masing. Hasil pembahasan tersebut disertai dengan uraian hambatan, koreksi dan pencegahan/terobosan baru yang dilakukan dalam pelaksanaan program-programnya. Hasil pembahasan tersebut disampaikan kepada pembantu dekan I, selaku management representative, untuk dilakukan kompilasi dan analisis efektifitas dan efisiensi sistem.
  • Pelaporan tinjauan manajemen. Hasil kompilasi dan analisis efektifitas dan efisiensi sistem dirumuskan dalam suatu laporan tertulis. Selanjutnya, revisi terhadap laporan disampaikan kepada dekan FKUB untuk mendapatkan arahan dan kebijakan terkait organisasi PS Radiologi FKUB.

Ringkasan Hasil Tinjauan Manajemen PS Radiologi FKUB

Dari hasil AIM siklus 13 2014. Temuan-temuan yang ada bersifat saran perbaikan (observasi),  seperti penyempurnaan konten website, analisis sumber daya manusia, dan  analisis umpan balik pelanggan/stakeholders telah ditindaklanjuti Hasil analisis tersebut dipergunakan untuk menentukan grand strategy pada tahun berikutnya berupa:

  1. Perlunya memperluas akses pendidikan dan kedokteran
  2. meningkatkan mutu, relevansi, serta daya saing institusi
  3. mengembangkan seluruh sumber daya dan sumber dana untuk mendukung program tridarma PT yang bermutu dan bertaraf intrernasional
  4. melakukakan revitalisasi dan restrukturisasi organisasi dan manajemen fakultas utamanya dalammenunjang fungsi penelitian dan pengabdian masyarakat.
  5. Meningkatkan tata kelola fakultas yang baik
  6. Memanfaatkan potensi alumni dan potensi eksternal melalui kerjasama bersakala regional, nasional, dan internasional

Hal tersebut diatas akan di -monev melalui sistem penjaminan mutu di program studi.