Radiologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 15 June 2016 , oleh ppds.radiologi , pada kategori Berita

Ujian Nasional Komisi Ujian Nasional Kompetensi Radiologi Indonesia (KUNKRI)  Juni 2016

Ujian Nasional kali ini diadakan di kota Yogyakarta pada tanggal 3-4 Juni 2016 di Departemen Radiologi FK-UGM/RSUP Dr. Sardjito. Ada 63 kandidat dari 7 center pendidikan diseluruh Indonesia (FK UI Jakarta, FK UNHAS Makasar, FK UGM Yogyakarta, FK UA Surabaya, FK UNDIP Semarang, FK UB Malang dan FK UNPAD Bandung) Dari PS PDS Radiologi FKUB Malang mengirimkan 6 Kandidat : yaitu dr. Charles W, dr. Siswidiyati, dr. Ni Komang D, dr. Bertiana, dr. Nana Halim dan dr. Evelyn Christina. Berangkat dari Malang hari Senin, tanggal 30 Mei 2016, karena sebelum Ujian masih ada rangkaian acara yang mesti diikuti, antara lain kuliah Radiologi Forensik dan kuliah tamu dari Taiwan.

IMG-20160604-WA0045(1)

gambar 1. Enam Kandidat dari FK UB Malang

Semua Kandidat dari berbagai center di kumpulkan dalam satu hotel Cakra Kusuma yang beralamat pada jl.Kaliurang. Hari pertama kami dikumpulkan untuk bertemu para kepala Program Studi Radiologi FK UGM, dan para kandidat, beliau berpesan untuk jaga kondisi, tetap santai dan slalu berdoa. Masing masing kandidat juga memperkenalkan diri agar suasana lebih akrab karena satu tujuan besar kita yaitu LULUS BERSAMA.

Hari hari kami lalui dengan hati deg degan, optimis dan terus menyemangati satu sama lain. Selepas sholat Ashar kami berenam kumpul bareng untuk membahas materi atau hanya sekedar recall memory, latihan deskripsi foto foto radiologi yang cukup beraneka ragam dari kepala hingga kaki, belum lagi modalitas imejing dari yang konvensional hingga canggih.

Ujian hari pertama dilakukan dengan sistem CBT (Computer Based Test) terdiri 100 soal pilihan ganda dan 21 soal essay. Pagi hari kita dijemput menuji tempat ujian, dan sarapan disana yang telah disiapkan secara apik oleh panitia. Ada yang lahap, ada yang sudah tidak mampu mengunyah, berbagai perasaan jadi satu. Kala itu dengan menu sarapan khas Yogyakarta yaitu Gudeg Hj. Ahmad.

Ujian hari kedua yaitu ujian wawancara, dimana kita diuji oleh 4 penguji lokal dan 1 penguji asing.  Dari 63 kandidat dibagi menjasi 3 sesi. Setelah seluruh sesi selesai semua peserta ujian berkumpul di ruang auditorium untuk menyaksikan Radiology Award. Radiology Award ini merupakan lomba penulisan penelitian dari berbagai center yang telah dikirimkan sebelumnya, dan dinilai secara acak tanpa mengetahui asal pengirim kepada 7 center pendidikan. 3 peserta yang masuk pilihan dalam Radiology award  antara lain: dr. Krisna Pandu W (FKUI), dr. Ni Luh Jaya Kirana (FKUNAIR)  dan dr. Siswidiyati (FKUB). Waktu Presentasi 15 menit, dan waktu diskusi 10 menit. Juri presentasi radiology award adalah Prof. dr. Moh. Ilyas, Sp.Rad(K), Prof. dr. Rista, Sp.Rad(K) dan dr. Lina Choridah, MD, PhD.

Akhirnya saat yang ditunggu tunggu tiba, yaitu pengumuman kelulusan oleh ketua KUNKRI Prof. Bachtiar Murtala, Sp.Rad(K) dan sekretaris KUNKRI dr. Sri Asriani, Sp.Rad, Juara 1 disandang oleh dr. Krishna Pandu W, Sp.Rad, juara 2 dr. Ido N Bramantya, Sp.Rad dari FKUI dan juara 3 dari FKUNAIR dr. Lukman Ds, Sp.Rad.

IMG-20160620-WA0066(1)

gambar 2 dari kiri ke kanan Prof. Dr. dr. bachtiar Murtala, Sp.Rad, dr. Ido NB (juara 2), dr. Khrisna Pandu (juara 1), dr. Lukman (juara 3) dan Dr. Aziza G Icksan, Sp.Rad(K)

Untuk radiologi award Juara 1 juga disandang oleh juara 1 KUNKRI yaitu dr. Krishna Pandu W (FKUI) dengan penelitian mengenai indeks vena porta dan derajat varises esophagus menggunakan teknik USG,  juara 2 oleh dr. Ni Luh Jaya Kirana (FKUNAIR)  dengan penelitian mengenai ukuran corpus callosum pediatric yang dihubungkan dengan keterlambatan perkembangan global     menggunakan MRI dan juara 3 oleh dr. Siswidiyati (FKUB) mengenai perlemakan hati pada pediatric DM tipe 1 menggunakan USG teknik kuantitatif .

IMG-20160604-WA0020

gambar 3 Pemenang radiologi Award bersama tim juri dan pejabat UGM

Selamat untuk 63 dokter spesialis Radiologi baru, semoga ilmunya bermanfaat, dapat membangun Indonesia tercinta. Termasuk 6 dokter asal FKUB Malang di dalamnya.

BRAVO

IMG-20160620-WA0067

gambar 4 63 lulusan spesialis radiologi baru, Yogyakarta-Juni 2016

IMG-20160605-WA0013(1)

gambar 5. Enam dokter Sp.Rad baru FKUB bersama KPS dan SPS dr. Islana Gadis, Sp.Rad(K) dan Dr.dr. Yuyun Yueniwati, Sp.Rad(K)