Urologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 29 November 2020 , oleh urologippds , pada kategori Agenda Kegiatan, Pengumuman, Berita

Sindroma metabolik adalah kumpulan gejala yang terdiri dari beberapa faktor yang saling terkait termasuk resistensi insulin, kegemukan sentral, dislipidemia, disfungsi endotel dan penyakit aterosklerotik, peradangan derajat rendah, dan pada pria, kadar testosteron rendah. Menurut data dari CDC yang dipublikasi pada tahun 2017, sekitar 30 juta dewasa usia 18 tahun ke atas atau 12,2% penduduk Amerika menderita DM tipe 2.

Terkait tidak adanya data hubungan antara sindroma metabolik dan penyakit urologi seperti BPH, batu saluran kemih, dan disfungsi ereksi di Indonesia, dan kurangnya pengetahuan masyarakat terkait permasalahan kesehatan ini, maka dari itu kami melakukan skrining dan penyuluhan di Klinik Universitas Brawijaya (UB) mengenai BPH dan OAB.

Kegiatan  dilaksanakan pada:

Hari, tanggal   : Sabtu-Minggu / 28-29 november 2020

Tempat           : Klinik Universitas Brawijaya, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Skrining akan dilakukan oleh residen Urologi Universitas Brawijaya Malang di bawah supervisi oleh konsulen Urologi Malang. Skrining akan menggunakan kuesioner International Prostate Symptom Score (IPSS), International Index of Erectile Function (IIEF-5), Overactive Bladder Score. Selain itu dilakukan pula pemeriksaan Tekanan Darah, Berat Badan, dan pemeriksaan fisik berupa pengukuran BMI, tekanan darah, Penyuluhan terkait penyakit urologi akan diberikan oleh konsulen Urologi Malang.

Bagi responden yang diketahui terdapat kelainan akan difollow-up lebih lanjut mengenai kelainan tersebut, apabila perlu akan dilakukan intervensi. Bagi responden yang diketahui tidak terdapat kelainan akan difollow-up setiap 6 bulan selama 2 tahun dengan metode yang sama.

Hasil dari kegiatan ini didapatkan Pria dan wanita usia di atas 40 tahun di wilayah kerja Klinik Universitas Brawijaya, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang memperoleh pengetahuan dan pelayanan deteksi dini terkait penyakit sindroma metabolic dan urologi (BPH, dan OAB).

b813f1bf-a44b-42a5-b2c3-7f1ca8ae80e6 d97a0bcd-f9ec-4bb2-96e5-31ea329dc7a8