Ilmu Bedah Urologi

Program Pendidikan Dokter Spesialis FKUB
Ditulis pada 27 Januari 2014 , oleh angga

Luasnya wilayah dan semakin bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, menuntut tersedianya spesialis Urologi yang menjangkau secara merata ke seluruh wilayah Indonesia. Sampai saat ini, jumlah dokter spesialis Urologi yang ada sekitar 278 orang untuk melayani 200 juta penduduk Indonesia. Berdasarkan pada hal tersebut, maka SMF Urologi Laboratorium Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya/RSUD Dr. Saiful Anwar Malang memberanikan diri untuk menjadi salah satu pusat pendidikan PPDS-I Urologi di Indonesia.

Bagian Urologi RSUD Dr. Saiful Anwar Malang mengalami perkembangan yang cukup pesat baik sebagai pusat pelayanan maupun pusat pendidikan. Pelayanan urologi di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang dimulai sejak tahun 1989. Selain melakukan pelayanan urologi, Bagian Urologi juga dipercaya untuk ikut mendidik para calon dokter spesialis urologi (residen) dari RSU Dr. Soetomo/FK Unair Surabaya, dengan menempatkan residennya di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang sejak tahun 1997.

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya merupakan pusat pendidikan kedokteran yang mempunyai visi menciptakan insan kedokteran yang berkualitas di bidang keilmuan. Sesuai dengan visi tersebut, proses pengembangan terus berlangsung hingga saat ini FKUB sudah mempunyai 15 Program Studi Spesialis. Untuk itu, sudah saatnya dilaksanakan Program Studi Urologi di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dengan alasan:

  1. Memacu pertumbuhan dokter spesialis Urologi
  2. Tersedianya sumber daya yang meliputi tenaga pengajar, sarana, dan prasarana yang dapat menunjang tujuan pendidikan Program Studi Urologi
  3. Tersedianya fasilitas untuk dilakukan penelitian baik di bidang biomekanik, bioengineering, dan biomolekuler