PENERIMAAN PESERTA DIDIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER SUBSPESIALIS (PS PDSS)
PROSES PENDAFTARAN DAN PEMBERKASAN
- Pendaftaran periode Januari 2025 di buka mulai tanggal 1o Juli s/d 30 Agustus 2024 pk 15.00 WIB
- Calon peserta login pada https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
- Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
- Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
- Pendaftar memilih Seleksi Kedokteran Spesialis, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
- Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id. Jika ada permasalahan terkait pembayaran atau proses pendaftaran silahkan menghubungi ke helpdesk-tik.ub.ac.id
- Pertanyaan terkait Persyaratan penerimaan silahkan menghubungi Hotline telepon (0341) 335 222 atau email ke tkpppds.fk@ub.ac.id.
- Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN (13 digit);
- Biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000, 00 (lima ratus ribu rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
- Proses pembayaran hanya dapat dilakukan pada jadwal pendaftaran saja. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Harap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
B. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
C. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI - Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Peserta diharapkan menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
- Melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi data-data dan dokumen yang diperlukan melalui https://admisi.ub.ac.id.
- Biaya pendaftaran dan tes seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan atau dialihkan dengan alasan apapun.
PROSES SELEKSI
Proses seleksi penerimaan calon peserta PS PDSS meliputi:
- Proses seleksi penerimaan calon peserta PS PDSS meliputi:
- seleksi administrasi;
- tes potensi akademik, tes kesehatan mental dan fisik, dan tes kemampuan berbahasa Inggris; dan tes tulis dan wawancara.
PERSYARATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER SUBSPESIALIS (PS PDSS)
PERSYARATAN UMUM
Persyaratan umums penerimaan calon peserta didik Program Studi Subspesialis dilakukan dengan mengupload scan dokumen asli yang meliputi:
- surat Permohonan kepada Dekan untuk mengikuti Program Pendidikan Dokter Subspesialis;
- ijazah/sertifikat profesi pendidikan dokter spesialis;
- transkrip nilai pendidikan spesialis;
- calon peserta tes seleksi yang berstatus pegawai negeri sipil/TNI/POLRI/instansi pemerintah lain dan calon peserta yang dikirim oleh institusi tempat bekerja wajib melampirkan surat izin belajar/tugas belajar dari pimpinan yang berwenang;
- surat keterangan pertanggungjawaban sumber pembiayaan studi yang diberi materai;
- surat pernyataan persetujuan dari suami/istri bagi yang sudah menikah atau orang tua/wali mahasiswa bagi yang belum menikah;
- surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan peraturan perundang-undangan pada cabang/tempat calon peserta tes bekerja yang menyatakan tidak pernah melakukan malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran;
- surat tanda registrasi dokter;
- surat keterangan catatan kepolisian;
- sertifikat pelatihan atau sertifikat kompetensi yang sesuai dengan Program Studi pilihan jika ada; dan
- menandatangani surat pernyataan tes seleksi PS PDSS sesuai dengan format link dokumen
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER SUBSPESIALIS PENYAKIT DALAM
PILIHAN PEMINATAN
- Endokrinologi, Metabolik, dan Diabetes
- Gastroentero Hepatologi
- Ginjal Hipertensi
- Hematologi Onkologi Medik
- Reumatologi
- Penyakit Tropik dan Infeksi
PERSYARATAN KHUSUS
Persyaratan khusus penerimaan calon peserta didik Program Studi Subspesialis Penyakit Dalam sebagai berikut :
- Surat Rekomendasi Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)
- Surat Pengantar dari instansi tempat bekerja mengirimkan tugas belajar disertai alasan ditugaskan belajar (jika ada)
- SK Penempatan/ SK sebagai dokter klinis atau dokter pendidik tetap (jika ada)
- Surat pernyataan Kembali ke instansi tempat bekerja dengan tanda tangan diatas materai dan tanda tangan mengetahui pimpinan instansi tempat bekerja
- Fotokopi sertifikat pelatihan dasar endoskopi bagi pendaftar peminatan Gastroenterohepatology (jika ada)
- Surat referensi terdiri dari :
- PAPDI Cabang sesuai keanggotaan calon peserta
- Perhimpunan Seminat terkait
- Hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) kali mendaftar pada peminatan yang sama di Program Studi Subspesialis Penyakit Dalam FKUB terhitung sejak tahap pemberkasan